Ke Berita

Gus Muhdlor Bantu Renovasi Rumah Korban Kebakaran

28 Aug 2023 | Author's name Dilihat : 47

KOMINFO, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi rumah kebakaran yang terjadi di Desa Balongmacekan, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo pada Senin (28/8/2023).

Kebakaran yang terjadi di salah satu rumah warga tersebut menarik perhatian Gus Muhdlor sapaan akrab Bupati Sidoarjo untuk turut mengamati dan mengecek situasi.

Dalam sidaknya, Gus Muhdlor di dampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sidoarjo, Ahmad Misbahul Munir, Kepala Dinas BPBD Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawiro, anggota tim pemadam kebakaran, Camat Tarik, Iswadi Pribadi, dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sidoarjo.

Gus Muhdlor menyatakan keprihatinannya terhadap insiden kebakaran ini dan turut berbelasungkawa kepada pemilik rumah yang terdampak.

Ia juga memastikan bahwa pihak terkait akan memberikan bantuan dan dukungan kepada keluarga yang terkena dampak kebakaran.

"Nanti akan saya renovasi rumah ini pokoknya nanti korban akan bisa menempati rumahnya kembali dengan suasana yang berbeda yang lebih nyaman," katanya.

Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dwidjo Prawiro mengatakan akan bekerjasama dengan Baznas Sidoarjo untuk melakukan renovasi rumah warga yang terkena kebakaran tersebut.

"BPBD Kabupaten Sidoarjo dan baznas siap untuk renovasi rumah ini, untuk besaran anggaran yang dibutuhkan, nanti akan kami tinjau kembali," ujarnya.

Gus Muhdlor dalam kesempatan itu mengingatkan pentingnya keselamatan dalam rumah tangga dan mengajak masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap bahaya kebakaran.

Saturi, pemilik rumah mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk yang telah bersedia merenovasi rumahnya pasca kebakaran.

“Nggih matur nuwun Pak Bupati (iya terimakasih Pak Bupati),” ucapnya

Kebakaran terjadi pada Senin 01.30 WIB dini hari diduga akibat hubungan arus pendek. Beberapa saat kemudian, tim pemadam kebakaran berhasil mengendalikan api dan mencegah penyebarannya ke bangunan lain.

Meskipun kerugian material tidak dapat dihindarkan, namun tindakan cepat dan koordinasi yang baik dari tim pemadam kebakaran serta kerja sama warga sekitar telah berhasil mengurangi dampak yang lebih parah. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban yang terluka namun seluruh barang dan berkas penting raib di lahap si jago merah. (Dew)