Ke Berita

TP.PKK Tulangan Galang Semangat Sosialisasi Stunting dan Penguatan Kesehatan Mental

24 Aug 2023 | Author's name Dilihat : 52

KOMINFO, Sidoarjo - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo mengadakan acara sosialisasi ganda yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah stunting dan pentingnya penguatan kesehatan mental pada keluarga.

Ketua TP. PKK Kabupaten Sidoarjo, Sa`adah Ahmad Muhdlor meminta agar seluruh lapisan masyarakat dan juga pemerintah bekerja bersama-sama untuk turut menekan angka stunting di Kabupaten Sidoarjo.

"Upaya menekan angka stunting ini yang diperlukan adalah advokasi, kampanye, pendidikan gizi, konseling, dan diseminasi informasi kepada Tim Pendamping Keluarga sebanyak 4.812 orang yang terdiri dari 3 unsur yaitu bidan, kader PKK dan kader KB sebagai garda terdepan dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Sidoarjo harus tetap dilaksanakan," ucapnya Ning Sasha saat hadir pada acara TP. PKK Tulangan di Taman Posyandu Pelangi Desa Kenongo, Kecamatan Tulangan pada Kamis (24/8/2023).

Ning Sasha juga berpesan kepada seluruh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang telah dibentuk di tingkat Kecamatan dan Desa perlu adanya komitmen bersama, sinkronisasi dan koordinasi dalam rangka mewujudkan prevalensi stunting Kabupaten Sidoarjo 14 persen di tahun 2024.

"Saya berpesan agar kita semua bisa mewujudkan pravelensi stunting Kabupaten Sidoarjo sebesar 14 persen di tahun 2024," tambahnya.

Berdasarkan Hasil Studi Status Gizi Balita (SSGI) Tahun 2022 Angka Prevalensi Stunting Kabupaten Sidoarjo Naik 16,1% Dari Sebelumnya di Tahun 2021 Sebesar 14,8%.

Selain sosialisasi stunting, acara ini juga melibatkan profesional kesehatan mental yang memberikan panduan mengenai penguatan kesehatan mental bagi keluarga. Dalam sesi ini, peserta diajarkan bagaimana mengenali tanda-tanda stres dan tekanan mental keluarga. Materi ini juga mencakup strategi sederhana untuk mengatasi tekanan emosional dan menciptakan lingkungan yang sehat secara mental di rumah.

Prsikolog dari EHCP.ID Esa Kartika mengatakan pentingnya kesehan mental adalah aset berharga yang perlu dijaga dengan baik. Dengan kesadaran dan upaya bersama, kita dapat menciptakan lingkungan yang mendukung kesejahteraan mental bagi semua orang.

"Kesehatan mental juga berhubungan dengan penurunan angka stunting, dimana dua hal ini saling terkait dalam upaya membangun generasi yang kuat dan sehat baik secara fisik maupun mental," jelasnya.

Dengan adanya sosialisasi stunting dan penguatan kesehatan mental ini, TP. PKK Tulangan menunjukkan dedikasi yang luar biasa dalam memberdayakan masyarakatnya untuk mencapai kehidupan yang lebih sehat dan bahagia. (Dew)


Visitors : 251414