Ke Berita

1.000 Lowongan di Bursa Kerja Hybrid 2023, Bupati Gus Muhdlor Utamakan Calon Pekerja Lokal

22 Aug 2023 | Author's name Dilihat : 70

KOMINFO, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo mengambil langkah proaktif untuk meningkatkan peluang pekerjaan bagi masyarakat Sidoarjo dengan menyelenggarakan kegiatan bursa kerja terbuka secara hybrid (online dan offline) di MPP Sidoarjo selama dua hari mulai tanggal 22 - 23 Agustus 2023. 


Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menegaskan dengan adanya bursa kerja terbuka secara hybrid ini, diharapkan benar-benar di manfaatkan oleh masyarakat khususnya warga Sidoarjo untuk mencari peluang pekerjaan sesuai dengan passionnya. 


"Saya berpesan jangan sampai warga lokal di Kabupaten Sidoarjo hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri, atau ibaratnya jangan sampai ayam-ayam mati di tengah lumbung padi, jadi tolong benar-benar di manfaatkan kesempatan baik ini," tegas Gus Muhdlor sapaan akrabnya. 


Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo Ainun Amalia mengatakan upaya ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo untuk menekan angka pengangguran. 


"Hingga saat ini angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sidoarjo di tahun 2020 sebanyak 4.72%, saat pandemi covid melanda naik mencapai angka 11.9%, dan di tahun 2022 turun lagi menjadi 8.88%," tegasnya. 


Sebanyak 41 perusahaan yang berada di lingkungan Kabupaten Sidoarjo membuka 1.000 lowongan mulai dari jabatan staff hingga manager. 


Pendaftaran bursa kerja ini dilakukan secara online melalui website siapkerja.sidoarjokab.go.id. Informasi terkait lowongan pekerjaan hingga penyerahan berkas lamaran kerja bisa dilakukan secara online. Peserta jobfair akan mendapatkan QR code nomor antrian untuk dilakukan verifikasi lamaran atau walk in interview offline. Verifikasi walk in interview dilakukan lima sesi per hari.


Pada pembukaan kegiatan ini, Gus Muhdlor membagikan piagam penghargaan kepada enam perusahaan yang memperkerjakan pegawai penyandang disabilitas terbanyak di Kabupaten Sidoarjo, diantaranya PT. First Medipharma, PT United Farmatic Indonesia, PT Ecco Indonesia, PT Sumber Alfaria Trijaya, PT Young Tree Indonesia, PT Woodone Integra Indonesia. 


Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo, H. Usman, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Ainun Amalia, Komandan Kodim 0816 Sidoarjo, Letkol Inf. Guntung Dwi Prasetyo. (Aff/Ir)