Ke Berita

Selain Dapat Insentif Rp.500 Ribu, Ribuan RT di Sidoarjo Terima Bantuan Sound System

13 Aug 2023 | Author's name

KOMINFO, Sidoarjo - Sebanyak 2.138 RT di lima kecamatan menerima bantuan sound system, Minggu, (13/8). Diantaranya Kecamatan Sedati terdapat 456 RT, Kecamatan Prambon 364 RT, Tulangan 475 RT, Jabon 225 RT dan Kecamatan Sukodono ada 618 RT. Pembagian dilakukan dimasing-masing wilayah kecamatan. Total ada 8.820 RT yang tersebar di 18 kecamatan yang mendapat bantuan sound system dari Pemkab Sidoarjo.

Tidak hanya bantuan sound system, tahun 2024 ribuan RT/RW di Sidoarjo bakal mendapat bantuan operasional atau insentif Rp. 500.000 per bulan. Sementara ini bantuan insentif bertahap diberikan kepada RT/RW yang masuk dalam wilayah kelurahan.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor S.IP mengatakan bantuan tersebut sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan dan hubungan sosial masyarakat. Melalui visi Terwujudnya Kabupaten Sidoarjo yang sejahtera, maju, berkarakter dan berkelanjutan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo berusaha mewujudkan pembangunan desa ke arah yang lebih baik khususnya ditingkat RT.

"Dengan memperhatikan upaya program Pemkab Sidoarjo diharapkan dapat memberikan dampak sosial yang bernilai tambah, sekaligus dapat mempererat kebersamaan dengan masyarakat," ucapnya.

Bupati yang akrab dipanggil Gus Muhdlor itu mengatakan dampak yang baik dan kemajuan Kabupaten Sidoarjo itu sendiri tidak lepas dari peran penting dari tingkat RT/RW sebagai penggerak utama di daerah. Oleh karenanya peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam menjalankan roda pembangunan. Ia pun meminta RT RW dapat menyelaraskan langkah pembangunan yang dilakukannya. Dengan begitu akan mempercepat pembangunan.

“Agar pembangunan desa dapat berjalan lebih fokus dan baik, diharapkan RT/RW bisa mengikuti semua arahan dari program Kepala Desa (Kades) nya dan jaga selalu silaturahim sesama warga. Dan jangan sampai warga masyarakat tidak mengenal tetangga sebelahnya apalagi dengan RT nya, gitu kok desanya mau maju,” ujar Gus Muhdlor yang disambut tepuk tangan warga.

Bupati Gus Muhdlor berharap bantuan tersebut menjadi sarana memudahkan seluruh warga melakukan kegiatan rutinan di tingkat RT. Diharapkan juga ada berbagai kegiatan di tingkat RT agar tercipta kerukunan antar warga.

“Mulai hari ini saya berpesan bahwa tidak akan ada lagi ketua RT seumur hidup dan per Januari 2024 akan ada insentif sebesar 500 rb yang akan dibagikan kepada Ketua RT se Kab. Sidoarjo,” ujar Gus Mudhlor disambut gembira seluruh RT yang hadir.

Bantuan sound system yang diberikan untuk pertama kali ini benar-benar disambut gembira oleh warga. Salah satu penerima, Khoirul Mukhlis, Ketua RT. 5 RW. 6 Desa Kedungwonokerto, Kecamatan Prambon. Ia merasa bersyukur dan berterima kasih kepada bupati Sidoarjo atas bantuan yang telah diberikan.

“Dilingkungan RT kami sebenarnya telah memiliki alat pengeras suara tetapi kondisinya sekarang rusak dan belum diperbaiki sehingga tidak bisa digunakan pada kegiatan warga,” ungkap Khoirul.

Khoirul mengaku, bantuan yang diberikan akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ia katakan keberadaan sound system sangat berguna untuk menunjang kegiatan yang ada di lingkungannya agar berjalan dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati atas bantuan yang diberikan, nantinya sound system ini bisa digunakan kegiatan tiap bulan sekali pertemuan RT dan undangan doa bersama seperti kegiatan tahlil,” ujarnya

Ketua RT. 03 RW. 01 Desa Kedungrejo Kecamatan Jabon yang juga bernama Khoirul juga bersyukur atas bantuan sound system tersebut. Menurutnya alat tersebut merupakan salah satu kebutuhan penting bagi warganya saat melakukan kegiatan.

“Karena bantuan ini, saya beserta warga tidak kesulitan lagi dalam melaksanakan kegiatan RT dan saya sangat berterimakasih atas bantuan-bantuan yang sudah atau akan dibagikan kepada kami. Semoga Pemerintah Sidoarjo semakin maju dan dapat mensejahterakan masyarakat Sidoarjo,” ujar Khoirul. Son/aff/git


Visitors : 38407