Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
SKK MIGAS Beri Kuliah Umum Mahasiswa UNUSIDA dan UMSIDA
Dilihat
166
Penulis: Bidang Informasi Publik
13-12-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggelar kuliah umum di Gedung Rahmatul Ummah, Bluru, Sidoarjo Selasa (12/12/2017).

Ratusan peserta hadir dalam kuliah umum itu. Mereka adalah mahasiswa dan dosen UNUSIDA (Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo), serta dari UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Hadir Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin membuka kuliah umum yang bertajuk “ Industri Hulu Migas” yang menjadi agenda road show SKK Migas. Sedangkan salah satu pemateri adalah Kepala Perwakilan SKK Migas Jawa Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa), Ali Masyhar.

Mahasiswa nampak antusias mengikuti kuliah umun itu. Terbukti sejumlah pertanyaan dari mereka mewarnai berjalannya forum. Mereka mengikuti kuliah dari awal hingga akhir.

Ali Masyhar mengatakan, secara umum, migas merupakan salah satu kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, dan Jawa Timur khususnya. Oleh karena itu masyarakat wajib tahu tentang sumber daya alam tersebut.

"Makanya kami menggelar kuliah umum ini. Agar masyarakat mengetahui bagaimana kondisi migas serta seperti apa pengelolaannya. Ini wajib diketahui oleh mahasiswa sebagai generasi muda," ujar Ali Masyhar, usai acara.

Ali menambahkan, berbicara konteks Jawa Timur, tidak bisa dilepaskan dari kultur nahdliyin dan Muhammadiyah. Karena itu juga, mahasiswa UNUSIDA dan UMSIDA sudah selayaknya mengetahui kekayaan sumber daya alam di daerahnya.

Wakil Bupati Nur Ahmad Syaifuddin berpandangan, kuliah umum tentang migas sangat penting bagi mahasiswa. Karena selama ini mereka masih minim pengetahuan tentang kondisi migas di Indonesia. Pasalnya, materi tersebut tidak diberikan di bangku kuliah.

"Dengan adanya materi itu, mahasiswa lebih bisa menyiapkan diri dalam menghadapi persaingan. Jadi, kuliah umum soal migas tersebut sangat bagus bagi mahasiswa," pungkas Cak Nur sapaan akrab Wakil Bupati.

Selain Ali Masyhar ada tiga pemateri lain dari Lapindo Brantas Inci Bambang Handoko selaku HSE Manager KKKS Lapindo Brantas, Arif Setyo Widodo selaku PR Manager HARD KKKS Lapindo Brantas dan Handoko Teguh Wibowo Ketua IAGI Jawa Timur. (Ir/Kominfo).