Ranperbup Peran Desa dalam Pencegahan Stunting Terintegrasi di Sidoarjo

stunting2.jpg

KOMINFO, Sidoarjo – Rakor pencegahan stunting dalam rangka membahas Ranperbup Tentang Peran Desa Dalam Stunting Terintegrasi digelar, di Ruang Rapat Pembangunan II Bappeda Sidoarjo, pada Senin (12/10).

Rakor dipimpin oleh Kabid Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda, Agus Sugiarto, S. STP., M. HP dan dihadiri OPD lintas sektor diantaranya, Bappeda, Dinkes, Dinsos, Dinas PMD, Diskominfo, Dispendukcapil, Dikbud serta pendamping dari Kemendagri.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita, yaitu terhambatnya perkembangan fisik, otak dan organ lainnya diakibatkan oleh kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 Hari pertama Kehidupan (HPK), ditandai dengan tubuh anak yang terlalu pendek untuk usianya.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa stunting merupakan program prioritas nasional yang harus didukung oleh semua pihak termasuk Pemerintah Desa. Pemerintah Pusat melalui Kementrian (Perencanaan Pembangunan Nasional) PPN/Bappenas telah menetapkan 8 aksi intervensi penurunan stunting terintegrasi,” kata Agus Sugiarto.

Kemudian dijelaskan pula, tujuan utama dari Perbup terkait peran desa dalam penurunan stunting terintegrasi adalah untuk memberikan kepastian hukum yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi desa untuk merencanakan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam mendukung upaya penurunan stunting.

stunting1.jpg

“Maksud perbup ini terkait peran desa dalam penurunan stunting terintegrasi adalah peraturan yang menjelaskan peran dan kewenangan desa yang digunakan sebagai rujukan bagi pemerintah desa dalam merencanakan dan mengalokasikan anggaran dari APBDEs termasuk dana desa untuk melaksanakan kegiatan integrasi intervensi penurunan stunting di tingkat Desa,” tambah Agus.

Akan tetapi setiap Perbup selalu melibatkan Lintas Sektoral, sehingga kesimpulan dari Rakor pada pembahasan pertama rancangan draft perbup tersebut adalah akan dirancang 2 (dua) draft perbup yang diadopsi dari Perbup Kabupaten Pati No 11 dan 38.

Posted in "Kegiatan"