Dorong Minat Baca dan Tingkatkan Literasi Anak, Wabup Subandi Resmikan Perpustakaan Ramah Anak “Ceria” SDN Ngingas Waru

ngingas1.jpg

KOMINFO, Sidoarjo - Meningkatkan minat baca sebagai perwujudan dari upaya menjaga dan mencintai buku. Pesatnya perkembangan teknologi jangan sampai berpengaruh pada rendahnya minat baca siswa untuk membaca buku. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi, S.H. saat meresmikan Pembukaan Perpustakaan Ramah Anak “Ceria”, di SDN Ngingas, Waru, Rabu (28/9). Perpustakaan Ramah anak disupport oleh LSM Mutiara Rindang.

 

Wabup H. Subandi memberikan apresiasi yang tinggi kepada SDN Ngingas dan Mutiara Rindang atas upaya meningkatkan minat baca anak-anak Sidoarjo. Hal seperti ini akan menumbuhkan semangat anak-anak untuk terus belajar.

 

“Terima kasih kepada SDN Ngingas dan Mutiara Rindang, bapak-ibu guru, dan orangtua siswa di SD Negeri Ngingas. Terima kasih kepada anak-anakku, belajarlah terus, supaya menjadi anak yang tidak hanya hebat tapi juga membanggakan,” ucap Abah Subandi, sapaan akrab Wabup Sidoarjo.

 

ngingas2.jpgWabup Abah Subandi mengatakan gedung perpustakaan ramah anak sangat dibutuhkan di semua sekolah. Selain sebagai media pembelajaran, perpustakaan juga dapat dijadikan sebagai sarana menumbuhkan minat baca dan kreatifitas siswa. Oleh karenanya perpustakaan di sekolah khususnya di tingkat SD harus ramah dengan anak.

“Artinya buku referensi dan sumber belajar yang ada di perpustakaan ini harus bisa memberikan nilai tambah berupa pengetahuan untuk anak. Khusus buku cerita tentang pendidikan karakter harus diperbanyak, tapi tidak boleh lupa, buku yang bahas Sidoarjo pun harus ada di sini," ucapnya.

 

Masih dikatakan Abah Subandi bahwa tujuan adanya gedung perpustakaan ramah anak adalah untuk menjadikan anak sebagai pembaca yang baik dan berprestasi. Hadirnya Perpustakaan ramah anak dapat mengembangkan kebiasaan membaca dan menimbulkan kecintaan murid-murid terhadap buku. Selain itu perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.

 

ngingas4.jpg"Peningkatan Inovasi di dunia pendidikan terhadap perkembangan teknologi sangat luar biasa, anak -anak saat ini tidak asing dalam menggunakan gadget untuk bermedia sosial, dengan hadirnya inovasi perpustakaan ramah anak di sekolah, stidaknya budaya gemar membaca dapat meningkat," ujarnya.

 

Abah Subandi berharap perpustakaan ramah anak seperti ini betul-betul bisa dimanfaatan dengan baik. Dengan begitu ia yakin akan tumbuh anak-anak yang gemar membaca dan mempunyai kreatifitas yang lainnya. Melalui membaca pengetahuan dan wawasan anak-anak akan semakin luas. Seperti pepatah yang mengatakan, membaca adalah jendela dunia.

 

 

"Saya yakin insyaallah anak-anak ini yang menggunakan handphone dapat berkurang dengan kegemaran membaca. Mari kita bersama-sama sepenuh hati membantu membuka jendela mereka lebar-lebar untuk melihat dunia seluas-luasnya,” ajak Abah Subandi.

 

ngingas3.jpgDalam kesempatan ini, Kepala Sekolah SDN Ngingas Ahmad Anwar, S.Pd., MM., M.Pd menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo atas perhatiannya terhadap literasi anak di SDN Ngingas Waru.

 

 

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang mana telah bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat dalam hal ini Mutiara Rindang dengan tujuan akhir meningkatkan literasi membaca anak dengan berbagai program dan metode menarik,” ucapnya.

 

 

Kepala Sekolah SDN Ngingas Ahmad Anwar berjanji akan menyukseskan program tersebut dengan tujuan akhir anak-anak di SD Ngingas bisa membaca.

 

 

“Terima kasih untuk komite sekolah yang sudah mendukung kegiatan program Perpustakaan Ramah Anak Ceria di SDN Ngingas,” pungkasnya.

 

 

Dalam acara tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan siswa-siswi, seperti membaca puisi, paduan suara, tari tradisional, dan semaphore dance sebagai sambutan selamat datang bagi para tamu undangan. Peresmian gedung perpustakaan ramah anak juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo Ridho Prasetyo, S.S.T.P, M.A.P, Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Nanik, Kepala Sekolah se-Kecamatan Waru, dan Kepala Desa Ngingas, serta para wali murid. (Mas/git/Kominfo).

 

Posted in "Berita"

All Comments (0)
No Comments