Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
ANUGERAH CITRA KARTINI UNTUK PEREMPUAN TANGGUH SIDOARJO
Dilihat
245
Penulis: Admin Website
28-04-2017




KOMINFO, Sidoarjo – Puncak acara peringatan  Hari Kartini Kabupaten Sidoarjo dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, pada hari Kamis,  27 April 2017. Acara tersebut di hadiri oleh Bupati dan Wakil Sidoarjo,  Ketua DPRD, Anggota Forkompimda, Kepala OPD Se – Kabupaten  , anggota Organisasi Wanita Se-Kabupaten Sidoarjo serta undangan lain.

Amatlah tepat pada momen Hari Kartini ini, diserahkan peganugerahan Citra Kartini, kepada 5 perempuan tangguh atas kiprahnya dalam turut merealisasikan cita – cita Kartini sesuai dengan keahlian, keyakinan dan potensi dirinya sendiri untuk mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara serta keluarga tercinta.

Kelima perempuan tangguh Sidoarjo yang mendapat Anugerah Citra Kartini pada hari ini yang diserahkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo dan Ketua DPRD Sidoarjo adalah, pertama, Ny. Dra. Nanik Rosidah dari Desa Kemasan, Kecamatan Krian, yang keseharianya sebagai guru PNS di SMPN 3 Taman, yang mempunyai berbagai macam usaha diantaranya tas kain, bantalan kursi, tempat tissu dan lain sebagainya, serta memproduksi cat Acrytex yang digunakan untuk melukis di kain, yang mampu menyerap tenaga kerja perempuan  dari lingkungan sekitarnya.

Kedua, Ny. Hj. Susianah dari Desa Candi Pari Keamatan Porong, seorang PNS juga yang merintis Koperasi Wanita “Dewi Sri” yang telah mempunyai gedung sendiri. Ketiga, Ny. Sutini, dari Desa Cemandi, Kecamatan Sedati, yang merintis Koperasi Wanita “Sri Rejeki” yang pernah mendapat penghargaan dari Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur dengan kategori Koperasi wanita berkinerja terbaik. Keempat, Ny. Nanik Indrawati, dari Desa Mojoruntut, Kecamata Krembung, yang kesehariannya sebagai guru tidak tetap di SDN Tanjek Wagir yang berinisiatif membuka LBB Hitung Cepat Metode Gasing dan AHA Right Brain School. Metode yang dikembangkan ini mampu membentuk kejujuran anak sebagai landasan ksatria dan berkarakter, cepat, tanggap dan mampu berpikir logis.

Kelima, Ny. Hj. Layyinatul Afidah, dari Desa Sawohan Kecamatan Buduran merintis usaha  olahan kerupuk, petis, trasi dan kripik kuping gajah dengan label Qonja Madu. Home industrinya ini banyak dijadikan sebagai tempat kunjungan tamu baik dari dalam maupun luar negeri.

Ketua Panitia peringatan Hari Kartini Kabupaten Sidoarjo tahun 2017, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, KB, Drs. Ec. Ali Imron, MM, mengungkapkan rasa bangganya kepada para perempuan tangguh yang mendapat Anugerah Citra Kartini pada hari ini. Sebenarnya masih banyak perempuan – perempuan tangguh lainnya dari Kabupaten sidoarjo ini, yang mampu mengembangkan usaha dan potensinya, namun belum berkesempatan untuk mendapatkan penganugerahan ini. “Memang perempuan harus dapat membuat sejarah, dan menetukan masa depannya, mengingat perempuan adalah soko guru, yang bisa membentuk keluarga yang berkualitas serta membentuk generasi – generasi tangguh bangsa,” jelasnya.

Sementara Bupati Sidoarjo, memberikan apresiasi yang  tinggi terhadap penganugerahan citra kartini ini. “Dimana Kartini masa kini adalah perempuan – perempuan yang memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi keluarga dan negara,” tandasnya. (Kominfo/en)