Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
KEMENTERIAN PENERANGAN MALAYSIA KUNJUNGI KIM MELATI SIDOARJO
Dilihat
345
Penulis: Admin Website
28-04-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Rombongan sebanyak 5 orang tamu dari Malaysia mengunjungi Kabupaten Sidoarjo. Rombongan tersebut terdiri dari 2 orang Pejabat Penerangan Malaysia dan 3 orang pengurus Komuniti Satu Malaysia. Mereka diterima oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH, di Ruang Rapat Ops Room kantor sekretariat Pemkab Sidoarjo (27/4/2017).

Bertindak selaku rombongan delegasi Komuniti Satu Malaysia Abdul Rozak bin Rahmad Pejabat Penerangan Malaysia, selain itu perwakilan dari Kementerian Kominfo turut hadir juga dari Dinas Kominfo propinsi Jawa Timur. Tujuan dari kunjungan komuniti satu malaysia ini untuk menggali informasi dan ingin mengetahui kiprah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Melati yang ada di Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo.

Abdul Rozak selaku ketua rombongan menceritakan bahwa kiprah KIM Melati yang ada di kabupaten Sidoarjo ini tidak asing lagi ditelinga kelompok informasi masyarakat yang ada di Malaysia, untuk itu kita melalui departemen penerangan Malaysia mengajak salah satu kelompok informasi masyarakat yang bernama Komuniti Satu Malaysia untuk berkunjunga lansung ke tempat KIM Melati. " Kami ingin melihat langsung bagaima KIM Melati ini bekerja, berkarya dengan semangat meski tanpa adanya bantuan dana dari pemerintah daerah maupun propinsi, dan hasilnya bisa berkembang dengan baik, termasuk menumbuhkan usaha kecil menengah bagi masyarakat sekitar, bahkan hasilnya sampai di ekspor ke luar negeri", tutur Abdul Rozak Pejabat Penerangan Malaysia.

Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin dengan didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab Sidoarjo Drs. Y. Siswojo dan juga beberapa pejabat terkait,  menyambut hangat kehadiran rombongan tamu dari Malaysia, menurutnya suatu kehormatan bagi kabupaten Sidoarjo dapat membantu memberikan informasi yang diperlukan oleh komuniti satu Malaysia. Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan kunjungan ini bisa menjadi peluang usaha diantara kedua belah pihak untuk mengembangkan ekonomi kecil kreatif, hasil kerajinan KIM Melati  bisa dijual ke negara Malaysia begitu juga sebaliknya barang kerajinan yang di hasilkan oleh komuniti satu Malaysia bisa di jual melalui KIM Melati. "Semoga hubungan antar dua negara yang terjalin melalui kelompok informasi masyarakat ini bisa terus dikembangkan, baik dalam tukar informasi maupun dalam pengembangan usaha dan promosi", ungkap Nur Ahmad Syaifuddin.

Sekitar pukul 09.00 wib rombongan telah selesai diterima oleh Wakil Bupati Sidoarjo, selanjutnya dengan ditemani oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Y. Siswojo rombongan langsung meninjau lokasi tempat KIM Melati di desa Siwalanpanji Buduran Sidoarjo. Di sana Ketua KIM Melati Hj. Endang Sulistyo Wahyuni sudah siap menerima kunjungan dengan menggelar hasil kerajinan industri kecil yang dikelola oleh KIM Melati, diantara hasil kerajinannya adalah tas anyaman terbuat dari pandan, manik - manik, sarung bantal, aksessoris, dsb. Abdul Rozak selaku ketua rombogan menerima souvenir hasil kerajinan KIM Melati berupa tas anyaman terbuat dari daun pandan dan sarung bantal yang dibuat sendiri oleh anggota KIM Melati.

Kiparah KIM Melati memang sudah tidak diragukan lagi, tahun lalu KIM Melati juara 1 se Bakorwil Pamekasan Jawa Timur, dan Juara 4 di tingkat Propinsi Jawa Timur. Selanjutnya rombongan menuju lumpur lapindo, dan menyempatkan juga berkunjung ke sentra industri tas dan koper di INTAKO Tanggulangin Sidoarjo. Selanjutnya rombongan diajak menikmati kuliner khas Sidoarjo yaitu rujak cingur tilla tanggulangin. (ir/kominfo).



Lampiran
,/a>