Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Rakyat
Dilihat
376
Penulis: Admin Website
25-04-2017




KOMINFO,Sidoarjo - 101 stan produk-produk UMKM Sidoarjo digelar di Pasar Rakyat yang diselenggarakan di pelataran sisi Barat Alun-alun Sidoarjo. Pameran produk-produk unggulan Kabupaten Sidoarjo tersebut dilaksanakan mulai tanggal 21-23 April besok. Produk kerajinan tas, sepatu maupun batik serta produk makanan UMKM Sidoarjo ada di sana. Kemarin sore, Jum'at, (21/4) Pasar Rakyat menyambut Hari Otonomi Daerah ke XXI tersebut dibuka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH berserta Forkopimda Sidoarjo diantaranya Kapolresta Sidoarjo Kombespol Muh.Anwar Nasir, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol.Inf. Fadli Mulyono serta Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Iva Sudewi hadir dalam pembukaannya. Selain itu juga hadir Sekda Sidoarjo Djoko Sartono dan para pejabat Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan menghadapi era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) sekarang, pelaku usaha dituntut untuk kreatif dan inovatif. Hal tersebut diperlukan agar pelaku usaha tanah air dapat bersaing dengan negara lain. Ia katakan pengembangan UMKM perlu mendapatkan perhatian yang besar dan serius. Agar mereka dapat berkembang dan lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya. Bupati mengatakan sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam meningkatkan perekonomian. Untuk itu sektor UMKM perlu digali, dilestarikan dan dibina serta didorong pertumbuhannya. Pemerintah akan terus mendukung keberadaan UMKM yang ada agar terus tumbuh dan berkembang.  "Peran pemerintah adalah mengembangkan kemitraan dengan pengusaha-pengusaha besar dan membuka jaringan-jaringan yang bisa membantu kemajuan UMKM,"ujarnya. 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan Kabupaten Sidoarjo dikenal juga sebagai kota UMKM Indonesia. Ada ribuan pelaku UMKM yang ada. Selain itu produk-produk UMKM Sidoarjo telah menembus luar negeri. Dalam kesempatan tersebut ia mengajak kepada seluruh pelaku usaha dan lapisan masyarakat untuk terus meningkatkan kemampuan kreatifitas dan inovasinya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo Dra. Dana Riawati mengatakan kegiatan tersebut sebagai ajang promosi produk-produk UMKM Sidoarjo ke luar daerah.Selain itu digelarnya kegiatan seperti ini diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan dunia usaha di Kabupaten Sidoarjo.Ia mengatakan ada 102 stan yang tersedia. 101 stan dari UMKM Sidoarjo dan 1 stan untuk tamu kehormatan dari Dinas Koperasi, Tenaga Kerja dan Usaha Mikro, Kecil Kabupaten Kudus. 



Lampiran
,/a>