Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
63 Pejabat Diplomat Kemenlu RI Promosikan Sidoarjo Ke Mancanegara
Dilihat
67
Penulis: Admin Website
25-03-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mendapat kunjungan para pejabat diplomat dan konsuler Kemenlu RI dalam rangka menggali potensi lokal yang akan dijadikan bahan promosi ke negara tempat mereka bertugas. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum dan sejumlah pejabat pemerintahan terkait di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Jum’at (24/3/17).

 

Dalam sambutannya Bupati H. Saiful Ilah mengungkapkan sejumlah potensi yang dimiliki Kabupaten Sidoarjo seperti potensi industri kecil menengah (IKM) lebih dari 170 ribu IKM berdiri, potensi wisata, sektor industri hingga potensi investasi yang terbuka lebar dipromosikan dan dikerjasamakan dengan negara sahabat. Dari sektor wisata, Saiful Ilah menyebutkan, Sidoarjo mempunyai dua potensi wisata yang sudah cukup terkenal yaitu wisata pesisir pantai dan wisata sejarah.

 

“Sidoarjo terkenal dengan wisata pesisir, dimana banyak hutan mangroove tumbuh. Selain itu juga terdapat tempat wisata sejarah yaitu Museum Mpu Tantular dan candi peninggalan kerajaan Majapahit, seperti candi pari. Satu lagi yang tak kalah menarik dan selalu ramai dikunjungi adalah wisata kuliner makanan kupang longtong, makanan khas asli sidoarjo dan hanya ada di sidoarjo, ada krupuk udang, petis udang, dan berbagai olahan bandeng. Jika ada yang ingin melihat langsung proses pembuatan motif batik, sidoarjo memiliki kampung batik Jetis, berdiri sejak tahun 1675, batik khas sidoarjo ini memiliki motif khusus, yakni motif beras utah (tumpah), silahkan siapa saja bisa berkunjung untuk melihatnya, “ kata Saiful Ilah.

 

Ke depan, kata Saiful Ilah, Sidoarjo akan merencanakan pembangunan gedung pemerintahan yang terintegrasi, yakni seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan berkantor dalam gedung ini, sehingga akan memudahkan dalam pelayanan publik, dan investor bisa dengan mudah dalam mengurus perijinan usahanya. Sidoarjo bertekad akan menjadi kota yang ramah, mudah dalam pelayanan publik, dengan kata lain Sidoarjo menju “Smart City”.

 

“Kami sangat berterimakasih atas kesempatan Sidoarjo menjadi salah satu daerah kegiatan Pemantapan Substansi Pejabat Diplomatik dan Konsuler yang akan ditempatkan di perwakilan RI di luar negeri. Semoga potensi dari Kabupaten Sidoarjo bisa dipromosikan dan menarik perhatian dari luar negeri dan terjalin kerja sama dengan negara sahabat,” kata Saiful Ilah.

 

Sementara itu ketua rombongan pejabat diplomat dan konsuler Kemenlu RI Ashariadi mengatakan, kegiatan kunjungan tersebut diikuti 63 pejabat diplomat dan konsuler yang akan ditempatkan di beberapa negara sahabat. Dikatakan, kegiatan kunjungan ke daerah seperti ini merupakan agenda rutin setiap tahun Kemenlu yang bertujuan untuk mengenalkan para pejabat diplomatik yang akan bertugas ke negara lain dengan potensi dan hasil produk asli di daerah.

 

“Sebelumnya kami berharap sekaligus mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sidoarjo yang sudah berkenan menerima rombongan dan juga memberikan masukan dan arahan kepada kami semua termasuk memberikan informasi – informasi yang ada di kabupaten Sidoarjo ini. Tentunya informasi yang sudah kami terima dari bupati Sidoarjo akan sangat membantu para diplomat yang bertugas nanti, agendanya bulan april tahun 2017 nanti pejabat diplomat dari Kemenlu RI ini nanti diberangkatkan ke negara tujuan yang telah ditentukan, diantaranya ada yang ke Ukraina, Colombia dan Jerman.

 

Potensi – potensi yang ada disidoarjo nanti tentu akan dipromosikan oleh diplomat ke tempat negara bertugas, sehingga harapannya akan membantu mengembangkan pasar hingga ke luar negeri, terutama produk industri kecil menengah (IKM). Dari kunjungan tersebut kami menggali potensi di daerah untuk selanjutnya dikenalkan dan dipromosikan ke negara tempat kami bertugas nanti,” kata Ashariadi.

 

Dari paparan bupati tadi, kata Ashariadi, banyak potensi dari Kabupaten Sidoarjo yang layak menjadi pembahasan untuk ditindaklanjuti dengan negara-negara sahabat. Salah satu yang menarik dari Sidoarjo, kata Ashariadi, adalah potensi investasi di Sidoarjo memiliki prospek yang bagus, dengan menerapkan good gonernance diharapkan para investor akan tertarik untuk investasi ke sidoarjo, juga potensi wisata sejarah peninggalan kerajaan majapahit, dan museum mpu tantular yang mengandung nilai historis diplomatik dan patut diketahui negara luar.

 

Dalam kesempatan tersebut, para diplomat yang sebag