Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Hari Otonomi Daerah ke XXI di Tempatkan di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
432
Penulis: Admin Website
20-03-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Penyelenggaraan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXI tahun 2017 bulan April besok dipusatkan di Kabupaten Sidoarjo. Rencananya, akan dihadiri Presiden R.I, Ir. Joko Widodo. Ribuan undangan dari berbagai daerah di tanah air akan hadir dalam peringatan hari Otoda tersebut. Dalam acara tersebut akan diberikan penghargaan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dari Kementerian Dalam Negeri R.I.

 

 

Kabupaten Sidoarjo sendiri merupakan salah satu kandidat penerima Parasamya Purnakarya Nugraha. Penghargaan tersebut diberikan kepada pemerintah daerah yang selama tiga tahun berturut-turut bersatus kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Sebagaimana diketahui, Kabupaten Sidoarjo telah dua kali menerima penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha. Penghargaan tersebut diberikan kepada daerah yang berkinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

 

Tadi pagi, Jum’at (17/3) tim Ditjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri R.I datang ke Kabupaten Sidoarjo. Kedatangannya untuk  melakukan tinjau lapangan. Rombongan di pimpin oleh Kasi Wilayah I Subdit Peningkatan Kapasitas Daerah Dra. Niniek Winartini. Ia ditugaskan untuk melihat langsung inovasi pelayanan publik BMW (Berkas Mlaku Dhewe) dari Kecamatan Sukodono.

 

Kedatangan tim Ditjen Otoda tadi pagi diterima Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH di ruang kerjanya.  Wakil Bupati Sidoarjo mengucapkan terimakasihnya atas perhatiannya kepada Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak inovasi pelayanan publik. Inovasi-inovasi tersebut dibuat untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Salah satunya inovasi yang dibuat oleh Kecamatan Sukodono dan RSUD Sidoarjo. Kecamatan Sukodono memiliki inovasi dalam hal kepengurusan surat yang cukup dilakukan di kantor desa pemohon. Inovasi tersebut memangkas jalur administrasi pemohon untuk datang ke Kantor Kecamatan. Dengan begitu akan menghemat waktu pemohon memperoleh pelayanan.

 

Sementara itu Niniek Winartini mengatakan kedatangannya dalam rangka penguatan hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah yang telah dilakukan sebelumnya. Kedatangannya untuk membuktikan langsung aplikasi BMW tersebut dilakukan. Rencananya aplikasi BMW tersebut akan dinobatkan sebagai best practice praktek tata kelola penyelenggaraan pemerintah daerah pada peringatan hari Otoda tanggal 25 April besok.

 

Dalam kunjungannya ke Kantor Kecamatan Sukodono,  tim Ditjen Otoda didampingi oleh Plt. Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Heri Soesanto SH,MH, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Drs. Y. Siswojo, Kabag Organisasi  Drs. Ahadi Yusuf serta Kabag Pemerintahan Drs. Imam Mukri. Usai dari kantor kecamatan, tim menuju Kantor Desa Pekarungan-Sukodono untuk melihat penerapan aplikasi BMW. Dari tempat tersebut, tim menyempatkan diri untuk melihat inovasi dari RSUD Sidoarjo. (sigit/kominfo)