Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wakil Gubernur Jawa Timur Buka FKPU 2017 di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
328
Penulis: Admin Website
13-03-2017




KOMINFO,Sidoarjo - Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) ke 11 tahun 2017 ini diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo. Tadi malam, Jum'at (10/3), event tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur tersebut dibuka oleh  Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf di Alun-alun Sidoarjo. Ada 14 kabupaten/kota di Jawa Timur yang menjadi peserta FKPU. Penyelenggaraannya dilakukan secara bergantian tiap tahunnya. Tahun depan giliran Kabupaten Pasuruan yang menjadi tuan rumah FKPU 2018. Produk kesenian dan budaya dari seluruh kabupaten/kota peserta FKPU di tampilkan dalam event tersebut. Seperti dari Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan, Tuban, Probolinggo, Situbondo, Gresik, Sampang, Pamekasan, Bangkalan dan Kota Surabaya, Pasuruan serta Kota Probolinggo.

Wakil Gubernur Jawa Timur H. Saifullah Yusuf mengatakan digelarnya FKPU tidak lain untuk memelihara dan mempertahankan warisan budaya kesenian leluhur. Melalui event seperti ini ia berharap kesenian Jawa Timur akan  semakin menonjol. Dengan begitu, akan menguatkan identitas kesenian Jawa Timur yang dimiliki.

"Kita juga ingin kesenian yang kita miliki menjadi ikon Jawa Timur,"ujarnya.

Wakil Gubernur Jawa Timur yang biasa dipanggil Gus Ipul tersebut mengatakan  kesenian yang diolah dengan baik akan menghasilkan keindahan. Namun lebih dari itu akan mengukit pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

"Oleh karena itu setiap tahun kita gelar festival ini untuk memberikan panggung kepada mereka-mereka yang mau berkarya, mau menunjukkan prestasinya,"ucapnya.

Ia meminta kepada para pelaku seni dan budaya untuk dapat memanfaatkan kegiatan seperti ini. Dengan begitu akan lahir seniman-seniman hebat yang dapat memajukan Jawa Timur dan Indonesia.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum menyambut baik terselenggaranya FKPU di Kabupaten Sidoarjo. Ia berharap kegiatan seperti ini akan dapat membangun seni dan budaya antar daerah.

H. Saiful Ilah mengatakan Kabupaten Sidoarjo memiliki banyak kesenian yang menjadi andalannya. Seperti kesenian ludruk, wayang kulit, reog maupun jaranan dan musik patrol. Selain itu masih banyak kesenian lainnya yang berkembang di Sidoarjo seperti campursari maupun orkes melayunya.

Selain keseniannya, lanjut bupati Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo juga memiliki potensi wisata. Seperti Candi Pari, Makam Dewi Sekardadu serta sedekah laut atau nyadran yang dapat dijadikan obyek wisata

Bupati Sidoarjo juga mengungkapkan kerajinan di Sidoarjo juga tidak kalah banyaknya. Seperti kerajinan tas, sepatu maupun batik.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur Jarianto mengatakan kegiatan FKPU tahun ini adalah yang ke 11 kalinya. Kegiatan tersebut pertamakalinya diselenggarakan tahun 2007. Ia mengatakan FKPU penting untuk diselenggarakan. Pasalnya kegiatan tersebut dapat memberikan makna, inspirasi dan kontribusi bagi perkembangan seni tradisi di Jawa Timur. Selain itu melalui FKPU akan menambah wawasan serta pengalaman sesama pelaku seni pesisir Utara.

Dalam FKPU kali ini banyak kegiatan yang di selenggarakan. Seperti kegiatan sarasehan budaya yang diikuti oleh seniman dan budayawan, festival pertunjukan senj budaya 7 kabupaten/kota maupun pawai budaya yang akan di gelar hari Minggu tanggal 12. Selain itu juga digelar pesta rakyat yang menyediakan 7500 makanan gratis khas Sidoarjo serta pertunjukan orkes melayu Avita yang diselenggarakan di GOR Sidoarjo.

Dalam pembukaan FKPU kemarin malam, diserahkan bendera pataka FKPU oleh bupati Sidoarjo kepada wakil gubernur Jawa Timur yang di kemudian diserahkan ke Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Pasuruan Anang Saiful. Penyerahan bendera pataka FKPU tersebut menandai Kabupaten Pasuruan sebagai tuan rumah FKPU tahun depan. (sigit/kominfo)