Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
FKPU 2017 Diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
245
Penulis: Admin Website
16-02-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) Propinsi Jawa Timur tahun ini diselenggarakan di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan tahunan tersebut diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur. Ada 14 kabupaten/kota di Jawa Timur sebagai peserta kegiatan. Kegiatan tersebut akan diselenggarakan tanggal 10-12 Maret mendatang.

 

Tadi pagi, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur Dr. H. Jarianto M,Si menemui Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Si di pendopo Delta Wibawa, Selasa (14/2). Kedatangannya untuk berkoordinasi terkait persiapan pelaksanaan kegiatan FKPU yang akan dilaksanakannya. Dalam kesempatan tersebut juga hadir Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Sukartini S.Pd, M.Pd.

 

Bupati Sidoarjo menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Ia meminta kepada dinas terkait untuk mempersiapkan pelaksanaannya dengan baik. Ia meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo untuk serius menanganinya. Ia juga meminta untuk selalu berkoordinasi dengan dinas lainnya demi suksesnya penyelenggaraanya. Ia berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo sebagai leading sektor tidak sendiri dalam menanganinya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Timur H. Jarianto mengatakan tahun ini giliran Kabupaten Sidoarjo yang menjadi tuan rumah FKPU. FKPU sendiri bertujuan untuk menggali kearifan lokal suatu daerah. Ia berharap melalui FKPU tersebut akan meningkatkan seni budaya di Jawa Timur. Selain itu dilaksanakan FKPU seperti ini sebagai bentuk pembinaan kepada pelaku seni budaya di Jawa Timur.

 

Nantinya FKPU 2017 akan diikuti 11 kabupaten dan 3 kota di Jawa Timur. 11 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Sidoarjo, Tuban, Sumenep, Gresik, Lamongan, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Pasuruan, Probolinggo dan Kabupaten Situbondo. Sedangkan kotanya adalah kota Surabaya, Pasuruan dan Kota Probolinggo. Dalam FKPU tersebut akan diselenggarakan berbagai kegiatan. Seperti pawai budaya, sarasehan seni budaya maupun pagelaran seni budaya. Selain itu promosi produk-produk budaya oleh 14 peserta juga dipamerkan dalam FKPU Jawa Timur tahun ini. (sigit/kominfo)