Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
M – Bonk Award dari Bupati Sidoarjo untuk PT. Lingkar Mas
Dilihat
75
Penulis: Admin Website
07-02-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Senin, (2/6/17) bertempat di kantor Pusat PT. Lingkar Mas Jl. Embong Malang Surabaya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum memberikan penghargaan kepada PT. Lingkar Mas atas jasanya membantu pembangunan infrastruktur jalan dengan menghibahkan pembangunan jalan layang Lingkar Mas yang menghubung antara bunderan Waru Sidoarjo dengan Masjid Agung Surabaya.

 

Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Sidoarjo kepada Komisaris Utama PT. Lingkar Mas William Katuari dan Direktur Utama PT. Lingkar Mas Hendra Suyanto. Program bertajuk M – Bonk Award yang digagas oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Sidoarjo ini dengan maksud untuk memberikan bentuk apresiasi dari pemkab Sidoarjo kepada perusahaan yang mau menghibahkan lahannya untuk dipergunakan sebagai jalan umum.

 

Menurut Ir. Sigit Setyawan, MT Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sidoarjo, total saat ini sudah ada 11 perusahaan dari 31 perusahaan yang menghibahkan pembangunan jalan Frontage Road. Dari panjang 9,2 km, sudah 2 km sudah berhasil dibangun jalan oleh Pemkab Sidoarjo. Untuk itu ia berharap penghargaan tersebut akan mendorong perusahaan lainnya untuk segera menghibahkan lahannya bagi pembangunan jalan di Kabupaten Sidoarjo.

 

Sigit juga mengatakan pihaknya siap melakukan perawatan. “Kami berterima kasih sudah dibantu membangunkan jalan, kini kami siap merawatnya," ujarnya.

 

Menurut H. Saiful Ilah Bupati Sidoarjo, “Selama ini, pengguna jalan yang hendak ke Masjid Al Akbar Surabaya (MAS) harus berputar di bundaran Waru dan melewati Jalan Ahmad Yani, Surabaya. Namun dengan jalan baru ini, tidak lagi harus melalui Jalan Ahmad Yani tersebut, melainkan bisa menuju ke arah Medaeng. Di depan Mahmil itulah (berdampingan dengan jalan tol Surabaya-Mojokerto) menjadi ‘pintu masuk’ jalan menuju MAS”, tuturnya

 

“Alhamdulillah, akses menuju Masjid Nasional Al Akbar ini sudah rampung dan bisa dimanfaatkan,” ungkap Saiful llah.

 

Ia mengatakan jalan sepanjang 1,1 kilometer dan lebar 8 meter ini bakal memudahkan masyarakat menuju Masjid Al-Akbar. "Tidak perlu memutar balik jauh, cukup lewat jalan ini sudah bisa sampai ke Surabaya dengan cepat," katanya.

 

Sidoarjo memiliki jalan baru, yaitu Jalan Layang Ramp (JLR) 115. Jalan layang sepanjang 1,2 km dan lebar 10 meter itu menghubungkan kawasan Waru menuju bilangan Lingkarmas (Masjid Al Akbar Surabaya).

 

Dibangun sejak Januari tahun 2015 lalu, jalan akses Surabaya Lingkar Mas atau jalan penghubung Ramp 115 kini sudah bisa dilewati. Bupati Sidoarjo Saiful Ilah meresmikan pengoperasian jalan yang menghubungkan Kecamatan Waru (depan gedung Mahmil) ke Masjid Nasional Al Akbar (Kecamatan Pagesangan), Surabaya (25/8/2016).

 

Dengan peresmian ini juga sekaligus menandai penghibahan jalan tersebut dari PT Surabaya Lingkar Mas (SLM) ke Pemkab Sidoarjo. Sebelumnya, jalan tersebut memang dikerjakan perusahaan tersebut. Dengan hibah ini, perawatan dan peningkatan jalan ke depannya akan dilakukan oleh Dinas PU Bina Marga Sidoarjo. (ir/kominfo).