Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo: Jaga NKRI dari Perpecahan
Dilihat
383
Penulis: Admin Website
06-02-2017




KOMINFO, Sidoarjo- Seribu lebih pemuda pemudi GP (Gerakan Pemuda) Ansor Sidoarjo beserta Banser Sidoarjo kemarin sore, Jumat (3/2) merapatkan barisan didepan Masjid Agung Sidoarjo. Mereka menggelar Apel Kebangsaan untuk berikrar menjaga dan setia terhadap NKRI. Ikrar tersebut diucapkan dihadapan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum yang ditunjuk sebagai pemimpin apel. Butiran-butiran ikrar tersebut juga memuat terhadap perlawanan radikalisme serta penolakan khilafah yang diucapkan Ketua GP Ansor Sidoarjo H. Riza Ali Faizin dan diikuti serentak oleh peserta apel. Dalam barisan apel tersebut juga terdapat ormas Pemuda Pancasila serta ormas perempuan Fatayat dan Muslimat NU.

 

Dalam kesempatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Muh. Anwar Nasir serta Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf. Fadli Mulyono dan beberapa kyai. Ketua GP Ansor Pusat H. Yaqub Cholil Qaumas juga hadir dalam kesempatan tersebut.

 

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan pola hidup generasi muda saat ini kurang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Padahal sikap toleransi dan tanggung jawab sudah menjadi bagaian kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu ia katakan apel seperti ini menjadi momentum yang sangat tepat untuk mempererat rasa persaudaran bangsa.

 

H. Saiful Ilah mengatakan saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami berbagai macam kesulitan. Tantangan dan ancaman menjadi ujian terhadap integritas bangsa. Ia mengatakan ancaman terhadap persatuan dan kesatuan bangsa lebih banyak muncul dari dalam bangsa sendiri. Untuk itu ia meminta kepada semua pihak untuk dapat menangkal isu-isu yang bersifat SARA yang dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu.

 

Bupati Sidoarjo juga mengatakan pembangunan saat ini dalam era keterbukaan. Untuk itu ia menaruh harapan besar kepada keluarga besar GP Ansor Sidoarjo untuk ikut serta dalam pembangunan Kabupaten Sidoarjo.

 

Sementara itu Ketua GP Ansor Pusat H. Yaqub Cholil Qaumas dalam sambutannya sempat menyinggung keributan yang terjadi di Jakarta saat ini. Ia katakan urusan ribut-ribut di Jakarta adalah urusan sepele. Ada urusan yang lebih besar yakni mencegah kelompok-kelompok yang mencoba menggulingkan negara atas nama khilafah.

 

“Tidak ada pilihan lain bagi kita selain melawan berdirinya khilafah,”ujarnya.

 

Namun H. Yaqub meneruskan bahwa perlawanan adalah pilihan terakhir. GP Ansor menginginkan kedamaian di bumi pertiwi dengan mengajak bersama-sama untuk menjaganya. (sigit/kominfo)