Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Rangkaian Hari Jadi Sidoarjo: Lomba Senam Poco – Poco dan Panco
Dilihat
232
Penulis: Admin Website
29-01-2017




KOMINFO, Sidoarjo – Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH.HUM,  turut memeriahkan lomba senam poco-poco olahraga dan panco yang merupakan rangkaian penyelenggaraan peringatan Hari Jadi ke-158 Kabupaten Sidoarjo, pagi ini, Minggu (29/1).

Turut Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sidoarjo dan Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan juga Ketua FORMI Kabupaten Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM.

Lomba senam poco-poco dan panco bagi pemula ini  diselenggarakan di Paseban Alun – alun Kabupaten Sidoarjo yang diikuti oleh, komunitas olah raga dan umum. Untuk umum diikuti dari elemen, OPD, BUMD, TNI dan Polri. Lomba senam poco – poco dan panco ini diprakarsai oleh FORMI Kabupaten Sidoarjo.

Untuk lomba panco ada dua ketegori yang dilombakan, yakni kategori kurang daari 70 Kg dan lebih dari 70 Kg. Lomba Panco pemula ini di buka untuk umum. Pelaksanaannya bersamaan dengan lomba senam poco – poco olahraga.

Lomba senam poco – poco ini diikuti lebih kurang 30 kelompok baik dari komunitas olahraga maupun dari umum.

Sebelum lomba dimulai, diawali dengan senam poco – poco bersama, tampaknya antusiasme masyarakat sidoarjo semakin tinggi dalam mengikuti olahraga rekreasi ini. Para peserta dan masyarakat memenuhi paseban dan jalan di depan paseban untuk melakukan senam bersama.

Ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa  senam poco-poco merupakan senam asli Indonesia  dan diharapkan kedepannya  bisa mendunia sama dengan cabang olahraga lainnya. Untuk Kabupaten Sidoarjo sendiri, di tahun 2016 senam poco – poco FORMI meraih juara I Tingkat Nasional. Dan untuk lomba panco juga juara I tingkat Nasional oleh bapak Julianto.

Tim juri terdiri dari Hernanik pelatih senam poco – poco Tingkat nasional dari Kabupaten Sidoarjo, Ariyanti dan Desi dari FORMI Kabupaten Sidoarjo.

            Tujuan dari dilaksanakan acara ini adalah untuk  menyehatkan juga untuk mengenalkan kebudayaan dan khas salah satu provinsi di Tanah air, yaitu Sulawesi Utara, ke dunia, dan juga untuk menemukan bibit – bibit atlit senam di Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah,SH, M.HUM  dalam sambutannya menyampaikan bahwa, penyelenggaraan lomba senam poco – poco dan panco dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-158 Kabupaten Sidoarjo ini merupakan salah satu upaya untuk mamasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Dan  sosialiasi senam poco-poco ini  harus  terus dilakukan ke seluruh wilayah Sidoarjo, sehingga masyarakat  lebih mengenalnya. Sebab, sesungguhnya senam ini tidak kalah bagusnya dengan senam – senam  modern.

"Sudah selayaknya senam poco-poco jadi kebanggaan olahraga tradisional Indonesia," katanya.

            Menurut Sekretaris FORMI Kabupaten Sidoarjo, Suwigno, lomba senam poco – poco olah raga dan panco bagi pemula ini masing – masing kategori diambil juara I sampai dengan III  dan harapan I sampai dengan III yang akan memperebutkan Piala Bupati Sidoarjo. (en)