Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Meriahkan Hari Jadi Kab Sidoarjo ke 158, Bupati Launching Senam Poco – Poco Nusantara
Dilihat
662
Penulis: Admin Website
16-01-2017




KOMINFO, Sidoarjo – Launching Senam Poco-Poco Nusantara yang diselenggarakan FORMI (Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia ) Kabupaten Sidoarjo dengan melibatkan peserta dari unsur TNI, Polri, Dinas pemerintah, BUMN, perusahaan yang ada di kab Sidoarjo serta Formi tingkat kecamatan se kabupaten Sidoarjo, digelar di Gedung Serbaguna GOR Sidoarjo, Senin (16/1/2017) pagi.


Launching senam poco – poco dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum dengan didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Olah Raga Kabupaten Sidoarjo Drs. Djoko Supriyadi dan juga para panitia senam poco – poco serta para pengurus FORMI Kabupaten Sidoarjo.

Ketua Panitia launching senam Poco – poco, Sukiyanto dalam laporannya dihadapan Abah Saiful sapaan akrab Bupati Sidoarjo menyampaikan maksud dan tujuan dari penyelenggaraan senam poco – poco diantaranya adalah untuk memeriahkan dan menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo yang rencananya akan dilakukan senam poco – poco bersama di alun – alun kab sidoarjo tgl 29 januari 2017 nanti.

Sukiyanto menjelaskan diadakannya senam poco poco ini merupakan program kerja FORMI Kabupaten Sidoarjo di Tahun 2017 serta hasil rapat dari para pengurus FORMI Kabupaten  Sidoarjo. “Melalui senam poco – poco masyarakat kabupaten Sidoarjo kita harapkan akan lebih banyak lagi terlibat aktif dalam olah raga yang sifatnya rekreasi tapi menyehatkan,” ujar Sukiyanto.

Senam Poco-Poco Nusantara  merupakan karya dari Menpora Imam Nahrawi yang juga bekerjasama dengan Federasi Olahraga Rekreasi Indonesia (FORMI) yang  digelar saat pembukaan Indonesia menggelar Tafisa World Games 2016 di Jakarta lalu. Senam ini menggunakan gerakan dari berbagai cabang olahraga, terdiri dari 6 gerakan yaitu tinju, bulutangkis, bola basket, bola voly, sepak bola dan renang.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M. Hum berpesan kepada para pengurus jajaran FORMI Kab Sidoarjo agar menjadikan kegiatan senam poco-poco menjadi wadah silaturahmi dan saling berkoordinasi serta saling mencari solusi atas berbagai permasalahan – permasalahan  yang dihadapi khususnya di bidang olahraga.

Abah Saiful menambahkan senam poco – poco massal di alun – alun akan diadakan tanggal 31 Januari saat Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 158.

Untuk diketahui, senam ini terdiri dari 4 gerakan, gerakan pertama adalah mendayung, kedua mencangkul, ketiga memanah dan keempat memetik. Tiap-tiap gerakan diulang sebanyak 2 (dua) kali.

Senam poco-poco diyakini mampu memperbaiki fungsi eksekutif otak sebagai salah satu fungsi kognisi tertinggi manusia. Kadar gula berlebih pada penderita diabetes bisa menurunkan kesehatan otak, di antaranya berujung pada kepikunan lebih cepat. Dengan gerakannya yang enerjik, senam poco-poco membuat tubuh lebih sehat dan melatih daya pikir yang menguntungkan bagi usia lanjut, terutama yang berpotensi terkena Alzheimer.

(Ir / KOMINFO).