Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Sidoarjo akan Menjadi Tempat Perhelatan Hari Otonomi Daerah
Dilihat
374
Penulis: Admin Website
12-01-2017




Pada bulan April 2017 mendatang, Sidoarjo akan menjadi  tempat penyelenggaraan Hari Otonomi Daerah ke XXI yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden R.I, Ir Joko Widodo, dan akan mengundang 2000 undangan dari berbagai daerah di tanah air.

 

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Agoes Boedi Tjahjono, MT saat memimpin rapat di ruang Ops Room yang dipandu oleh Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Beni Erlangga, SH,  yang dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah yang diundang.

 

Ir. Agoes Boedi Tjahjono, MT menjelaskan bahwa Kabupaten Sidoarjo akan menjadi kandidat penerima ”Parasamya Purnakarya Nugraha” yaitu penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri dalam bidang pemerintahan kepada pemerintah daerah yang selama 3 (tiga) tahun berturut-turut bersatus kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

 

Sebagaimana diketahui bahwa Kabupaten Sidoarjo telah 2 (dua) kali menerima penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha yaitu penghargaan untuk daerah yang berkinerja terbaik berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah.

 

Sebagai rangkaian penilaian untuk menerima ”Parasamya Purnakarya Nugraha” dimaksud, maka pada tanggal 19 Januari 2017 akan dilaksanakan Tinjau Lapang (Common Sense Survey) dari Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) oleh Tim dari Kementerian Dalam Negeri yang akan diterima oleh Bupati Sidoarjo di Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan dilanjutkan dengan survey ke lokasi.

 

Lokasi yang akan dituju oleh Tim Kementerian Dalam Negeri adalah Perangkat Daerah yang memiliki produk inovasi unggulan seperti program ”Mbonx’’ dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pengelolaan Sampah Terpadu (PST) dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Program E-Gov pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Industri Kecil dan Menengah ”bumbu masak bu Mahmudah” binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Program PATEN termasuk program Berkas Mlaku Dhewe (BMD) di Kecamatan Sukodono, Program penanganan Autis Center di Dinas Pendidikan, Pelayanan Konseling Orang Dengan HIV Aids (ODHA) di Puskesmas Krian (Dinas Kesehatan), Program Uji KIR keliling di Dinas Perhubungan, Pelayanan Home Care dan ”Simanis”di RSUD.

 

Perangkat Daerah yang menjadi pendukung acara seperti Satpol PP bertugas mengamankan acara, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata mempersiapkan bus keliling dan koordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran terkait penyediaan sarana prasarana untuk menginap UKM-UKM dari berbagai daerah yang akan diundang di acara ini.

 

Dinas Komunikasi dan Informatika adalah Perangkat Daerah yang ditugaskan jadi pendukung acara sesuai dengan Tupoksi yaitu untuk mengadakan peliputan acara dan juga pelayanan informasi kepada masyarakat (advertorial).

 

"Mengingat waktu yang mendesak maka untuk setiap Perangkat Daerah dihimbau untuk mempersiapkan diri, terutama bidang yang menjadi leading sector berbagai pelayanan public yang nantinya akan dinilai, termasuk juga Perangkat Daerah yang menjadi pendukung terlaksananya kesuksesan acara tersebut," kata Ir. Agoes.

(wild)