Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Lantik 841 Pejabat Struktural
Dilihat
502
Penulis: Bagian Humas & Protokol
03-01-2017




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Sebanyak 841 pejabat struktural yang terdiri dari eselon  II, III dan IV Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dilantik dan diambil sumpahnya oleh  Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa, (3/1). Pelantikan dilakukan dalam dua gelombang. Pelantikan gelombang pertama dilakukan pukul 08.00 WIB dan gelombang kedua pukul 13.00 WIB.

 

Gelombang pertama dilakukan pelantikan Jabatan Pimpinan Tinggi eselon IIa dan IIb serta Jabatan Administrator IIIa dan IIIb. Sedangkan gelombang kedua dilakukan pelantikan Jabatan Pengawas eselon Iva dan IVb.  Pelantikan tersebut disaksikan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Sidoarjo.  Seperti Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan S.Thi, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Muh. Anwar Nasir S.I.K., M.H, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf Andre Julian serta Kepala Kejaksaan Negeri Sidoarjo M. Sunarto SH,MH.

 

Mengawali sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut. Ia mengatakan proses memilih seseorang sebagai pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo tidaklah mudah. Ada sederet proses panjang yang harus dilalui. Seperti penilaian komptensi maupun penelusuran rekam jejak masing-masing pegawai. Hal tersebut dilakukan agar kedepan bisa mendapatkan figur seorang pejabat struktural yang mampu dan mumpuni sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Kompetensi tersebut baik dilihat dari kemampuan pengetahuan maupun ketrampilan.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga menyampaikan bahwa jabatan adalah amanah yang harus dilaksanakan dan dikerjakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Seiring dengan adanya omongan jabatan penting dan tidak penting, ia menegaskan bahwa semua jabatan sekarang adalah jabatan yang dibutuhkan dalam sebuah organisasi. Pemberian jabatan yang dengan tetap mengutamakan pelayanan kepada masyarakat untuk menjadikan Kabupaten Sidoarjo lebih baik lagi.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan pengisian jabatan struktural kali ini seiring dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomer 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. Oleh karena itu terjadi perombakkan yang cukup besar pada tatanan organisasi di tingkat pusat, propinsi maupun daerah termasuk Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut juga tidak terlepas dari pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Sidoarjo Nomer 11 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Oleh karena itu dilakukan pengisian jabatan struktural dalam penataan kelembagaan atau organisasi perangkat daerah.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada para pejabat yang baru saja dilantik untuk segera merapatkan barisan. Pasalnya tugas yang dipercayakan semakin berat dan menuntut tanggung jawab yang besar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

 

“Sekali lagi saya mengucapkan “selamat” kepada saudara sekalian, tunaikan tugas yang telah diamanatkan ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab serta senantiasa mengutamakan keseriusan, kesungguhan dan kearifan dalam bersikap,”pesannya.

 

Dalam pelantikan pejabat struktural Jabatan Pimpinan Tinggi tadi pagi tidak terdapat nama-nama baru. Para pejabat struktural tersebut hanya  bergeser dari instansi satu ke instansi lainnya atau menempati instansi baru yang dibentuk sesuai dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo. Seperti Drs. Joko Santoso, MM yang sebelumnya sebagai kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo bergeser sebagai Kepala Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo. Badan Pelayanan Pajak Daerah Sidoarjo sendiri adalah salah satu OPD baru di Kabupaten Sidoarjo. Sedangkan kepala Dinas Perhubungan Sidoarjo sekarang di isi oleh Drs. Ec. Asrofi MM yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo.

 

Begitu pula dengan Drs. Ahmad Zaini, MM yang semula sebagai kepala Badan Pelayanan Perijinan terpadu Sidoarjo beralih sebagai kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sidoarjo. Sedangkan Ir. Sulaksono yang sebelumnya sebagai kepala Bappeda Sidoarjo sekarang menduduki jabatan sebagai kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Sidoarjo.

 

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo Sri Witarsih SH mengatakan masih ada kekosongan untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi eselon II. Seperti Asisten I, kepala Dinas Kepe