Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Serahkan Kendaraan Pengangkut Sampah
Dilihat
438
Penulis: Bidang Informasi Publik
20-12-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Lima unit kendaraan pengangkut sampah roda tiga bantuan pemerintah pusat tadi siang diserahkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum kepada 4 desa dan 1 kelurahan, Selasa, (20/12). Penyerahan dilakukan di Kantor Desa Larangan Kecamatan Candi. Desa kelurahan penerima bantuan tersebut adalah Desa Larangan, Desa Sumorame, Desa Gelam Kecamatan Candi serta Desa Tulangan Kecamatan Tulangan dan Kelurahan Magersari Kecamatan Sidoarjo.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap kendaraan pengangkut sampah yang diterimanya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan kendaraan tersebut diharapkan  desa atau kelurahan dapat terbantu dalam mengelola sampahnya. Ia katakan kendaraan tersebut adalah sarana penunjang bagi kebersihan dilingkungan. Masyarakat sendirilah yang harus sadar  akan menjaga kebersihan lingkungan.

 

Oleh karena itu ia katakan permasalahan sampah masih menjadi problem bersama. Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan terus berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut bersama masyarakat. Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo juga akan menggandeng investor luar negeri untuk mengelola sampah di Sidoarjo. Perusahaan pengelolaan sampah asal China yakni China Everbright Internasional Limited (CEIL) telah menawarkan diri untuk melakukan pengelolaan sampah di Sidoarjo. Untuk itu ia menyambut baik tawaran tersebut.

 

Ia katakan pengelolaan sampah yang dilakukan CEIL nantinya ramah lingkungan. Proses pengelolaan sampahnya melalui pembakaran. Hasil dari pembakaran tersebut dapat digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik. Untuk menghasilkan listrik dibutuhkan minimal seribu ton sampah yang dibakar. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan serius untuk mewujudkan demi kemajuan pembangunan Kabupaten Sidoarjo.

 

Sementara itu Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo Drs. Y Siswoyo yang hadir mengatakan bantuan tersebut diberikan kepada desa/kelurahan juara Desa Berseri tingkat propinsi. Diharapkan melalui bantuan tersebut akan memotivasi desa lainnya untuk meniru desa/kelurahan yang telah mengelola kebersihan lingkungannya dengan baik. Ia katakan baru sedikit desa/kelurahan yang mewujudkan desanya menjadi desa berseri. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan terus menyemangati masyarakat untuk peduli akan lingkungannya. (humas/git)