Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
P3M Songsong Struktur Baru, Kompetensi Pegawai Kunci Layanan Prima
Dilihat
308
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-12-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo - Pada era globalisasi dan perkembangan informasi serta keterbukaan informasi, peningkatan mutu dalam segala bidang ditujukan pada kualitas pelayanan yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Salah satu diantaranya adalah peningkatan mutu Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) kab Sidoarjo, meliputi tata cara berkomunikasi yang merupakan penyebab masalah yang paling sering ditemukan, peningkatan kemampuan SDM, sarana dan prasarana sesuai dengan standar Pelayanan Pengaduan yang sudah diintruksikan oleh Kemen PAN RB, dan yang tidak kalah penting adalah kecepatan dalam merespon pengaduan serta solusi yang diberikan oleh pemerintah.

 

Rapat koordinasi monitoring dan evaluasi yang diselenggarakan oleh bagian Humas dan Protokol Setda Kab Sidoarjo melalui sub bagian Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M), kamis, 7/12/2016 menghasilkan banyak catatan, diantaranya kemampuan SDM, sarana dan prasarana, sehingga harapan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat dirasa masih belum optimal.

 

Rapat yang dibuka langsung oleh Kabag Humas dan Protokol Setda Kab Sidoarjo H. Machmudi Alie, SH, MH dihadiri oleh perwakilan dari SKPD se Kab Sidoarjo dan Kecamatan Se Kab Sidoarjo, Machmudie Ali memaparkan kepada peserta yang hadir dan mengingatkan kembali bahwa pemerintah saat ini dituntut untuk terus melakukan perbaikan pelayanan, dan pelayanan dikatakan baik apabila masyarakat merasakan kemudahan – kemudahan, untuk itu P3M hadir tujuannya adalah untuk membantu dan menjembatani antara masyarakat dan SKPD terutama SKPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

 

Lanjut Machmudi, perbaikan dan evaluasi serta monitoring layanan pengaduan mutlak harus terus dilakukan, dan pegawai yang ditugaskan dibagian pelayanan pengaduan harus memiliki komunikasi yang baik, dengan begitu P3M di tahun 2017 nanti diharapkan akan menjadi wadah yang efektif bagi layanan pengaduan pemkab Sidoarjo, sehingga hadirnya P3M memberikan kontribusi yang cukup signifikan membantu pemerintah dalam melayani masyarakat.

 

Pada kesempatan yang sama Kasubbag P3M M. Rofik, S, Sos, MM dalam paparannya menyampaikan bahwa peran P3M cukup penting apabila tugas dan fungsinya lebih dioptimalkan lagi, untuk itu di tahun 2017 nanti P3M akan siap menyongsong struktur baru dengan dukungan kompetensi pegawai, dan kesadaran bersama seluruh jajaran SKPD bahwa menerima pengaduan dan merespon dengan cepat adalah bagian dari bentuk layanan prima yang dirasakan oleh masyarakat.

 

Hadir dalam acara ini sebagai narasumber Hasan Ubaidillah, S.E., M.M. selaku kepala Lembaga Humas Kerjasama Protokoler dan Penerbitan (LHKPP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. (humas/ir).