Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Karang Werda Yudistira Harumkan Nama Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
591
Penulis: Bidang Informasi Publik
09-11-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Prestasi membanggakan di raih oleh Karang Werda Yudistira Kelurahan Sekardangan Sidoarjo tahun 2016 ini. Organisasi pembinaan dan pemberdayaan bagi Lanjut Usia (Lansia) tersebut dinobatkan sebagai Karang Werda berprestasi oleh Kementerian Sosial R.I. Karang Werda Yudistira meraih juara dua penilaian Karang Werda se Indonesia dengan kategori kelompok Lansia berprestasi. Kebanggaan tersebut ditunjukkan pengurus Karang Werda Yudistira kepada Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH.  

 

Tadi pagi, Rabu, (9/11), Wakil Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Cak Nur tersebut diundang ke kantor sekretariatnya yang berada di kantor Kelurahan Sekardangan. Undangan tersebut sekaligus juga untuk memperlihatkan kegiatan apa saja yang dilakukan Karang Werda Yudistira. Dalam kesempatan tersebut kegiatan bakti sosial kepada kaum dhuafa dilakukan Karang Werda Yudistira. Sebanyak 25 orang kaum dhuafa mendapatkan bingkisan sembako. Dalam  kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin juga ikut memberikan santunan kepada kaum dhuafa tersebut. Selain itu kegiatan bakti sosial lainnya yang dilakukan  Karang Werda Yudistira adalah pemeriksaan kesehatan gratis kepada para Lansia.

 

Cak Nur yang sekaligus Ketua Komda Lansia Sidoarjo merasa bangga atas prestasi yang diraih Karang Werda Yudistira. Prestasi tersebut akan mengharumkan nama Kabupaten Sidoarjo ditingkat nasional. Ia berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan. Kegiatan-kegiatan yang selama ini dilakukan oleh Karang Werda Yudistira dapat ditingkatkan. Seperti kegiatan santunan kepada kaum dhuafa yang dilakukannya.

 

“Mudah-mudahan kedepan bisa meningkatkan kemanfaatannya kepada masyarakat khususnya kepada para dhuafa,”ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut ia juga berharap apa yang dilakukan Karang Werda Yudistira menjadi contoh Karang Werda lainnya di Sidoarjo. Ia mengatakan berbuat baik tidak mengenal usia. Seperti halnya yang dilakukan Lansia Karang Werda Yudistira kepada masyarakat sekitar. Ia mengatakan kehadiran  Karang Werda sangat membantu pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Sidoarjo. Melalui program-program kegiatannya akan sangat bermanfaat bagi pembangunan masyarakat.

 

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin berpesan kepada semua yang hadir untuk menjadi pribadi yang pandai bersyukur. Ia mengatakan kelebihan harta tidak menjamin hidup seseorang tenang dan bahagia. Kebahagian sejatinya dapat dicapai melalui ungkapan syukur kepada tuhan yang maha esa. Ia katakan dengan hati yang ikhlas menerima keadaan akan membawa kebahagian hidup bagi seseorang.

 

“Kekayaan itu tidak akan bisa membawa kebahagiaan, tetapi kekayaan itu hanya menambah kualitas kebahagiaan,”ucapnya.

 

Sementara itu Ketua Karang Werda Yudistira H. Suwadi mengatakan bahwa prestasi tersebut diraih berkat dukungan anggotanya. Ia mengatakan sejak tahun 2003, Kementerian Sosial R.I sudah mengapresiasi kegiatan Karang Werda Yudistira. Karang Werda Yudistira ditunjuk sebagai pelaksana tugas Kementerian Sosial R.I untuk memberikan kegiatan kepada Lansia yang ada. Untuk itu pada tahun 2003 lalu, Kementerian Sosial R.I mendapatkan peralatan musik dari Kementerian Sosial R.I.

 

H. Suwadi juga mengatakan pada tahun 2006 sampai 2013, Karang Werda Yudistira mendapat tugas sebagai pelaksana harian Lansia dari Kementerian Sosial R.I. Dan pada tahun 2015 Karang Werda Yudistira ditunjuk sebagai pelaksana unit pelayanan sosial program Kementerian Sosial R.I. 

 

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan Karang Werda Yudistira mempunyai kegiatan yang dilakukan dua kali dalam seminggu. Seperti kegiatan senam, Posyandu serta pengajian. Dan setiap dua bulan sekali Karang Werda Yudistira memberikan santunan kepada kaum dhuafa. H. Suwadi meminta untuk menggiatkan kegiatan yang diprogramkan. Dengan terus beraktifitas dalam kegiatan, ia berharap para Lansia akan terhindar dari kepikuna.

 

“Kami mohon bapak-bapak, ibu-ibu sekalian untuk  kita menggiatkan kegiatan ini supaya kita tidak cepat pikun,”pintanya kepada anggotanya. (humas/git)