Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wabup Sidoarjo Buka MTQ ke XXVII Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
590
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-11-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tahun 2016. Tadi pagi, Sabtu, (5/11), Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH membuka kegiatan tersebut di Masjid Agung Sidoarjo.

 

Ada 469 kafilah yang ikut dalam MTQ kali ini. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 5 sampai 6 November besok.  Ada 21 cabang lomba yang dipertandingkan. Diantaranya cabang Tartil, Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) 1 juz dan 5 juz tilawah serta MHQ 10 juz, 20 juz dan 30 juz serta tafsir bahasa Indonesia, Arab serta bahasa Inggris. Selain itu cabang Musabaqoh Fahmil Qur'an (MFQ), Musabaqah Khat Al-Qur'an (MKQ) dan Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ) juga dipertandingkan. Selain Masjid Agung Sidoarjo menjadi tempat pelaksanaan lomba, kegiatan tersebut juga dilaksanakan di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo serta Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo.

 

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin merasa bangga atas terselenggaranya MTQ tingkat Kabupaten Sidoarjo tahun ini. qori’ dan qoriah yang handal dapat terlahir melalui  kegiatan tersebut. Oleh karena itu tidak salah Kabupaten Sidoarjo dikatakan gudangnya pembaca kitab suci Al-Quran.

 

Ia juga mengatakan prestasi Kabupaten Sidoarjo di ajang MTQ tingkat propinsi maupun nasional patut diancungi jempol. Ditingkat propinsi, Kabupaten Sidoarjo sudah meraih piala bergilir berkali-kali dari Gubernur Jawa Timur.

 

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin juga berharap dukungan semua pihak atas terselenggaranya kegiatan seperti ini. Ia katakan melalui dukungan dan perhatian yang diberikan akan dapat terus melahirkan qori’ dan qoriah di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu dengan lahirnya qori’ dan qoriah yang baru akan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap kitab suci Al-Quran.

 

“Kalau anak-anak muda, generasi muda sudah menunjukkan perhatiannya kepada Al-Quran, membaca dengan benar sekaligus memahami maknanya dan mengamalkannya  maka pola hidup anak-anak akan sesuai dengan tuntunan Al-Quran,”ujarnya.

 

Hal serupa juga diungkapkan Plt Kepala Bagian Administrasi Kesra dan Kemasyarakatan Setda Kabupaten Sidoarjo Khasan Hadi. Ia berharap penyelenggaraan MTQ seperti ini dapat menanamkan kecintaan generasi muda terhadap Al-Quran. Ia berharap generasi muda dapat mempelajari, memahami dan mengamalkan isi dan makna yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran.

 

Dalam pembukaan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo H. Achmad Rofi’i, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan serta Kasdim 0816 Sidoarjo Mayor Inf. Condro Edi W. (humas/git)