Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Tingkatkan Konsumsi Ikan, Pemkab Sidoarjo Gelar Gebyar Gemar Makan Ikan
Dilihat
310
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-11-2016




SIDOARJO - Upaya peningkatan konsumsi ikan oleh masyarakat Sidoarjo terus dilakukan terutama bagi para generasi muda, Ikan sebagai salah satu sumber pangan hewani memiliki berbagai kelebihan dibandingkan dengan sumber pangan lainnya. Hal ini disampaikan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah saat membuka acara Gebyar Gemar Makan Ikan di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo (3/11).

 

Acara yang di ikuti oleh 600 lebih peserta dari perwakilan siswa-siswi 10 Sekolah tingkat dasar, beserta guru dan TP-PKK ini bertujuan untuk mengkampanyekan gemar ikan melalui sosialisasi manfaat atau pentingnya makan ikan bagi anak-anak usia dini. Adanya kegiatan ini merupakan salah satu teknik komunikasi yang digunakan dalam rangka mengkampanyekan makan ikan.

 

Ketua FORIKAN Ny. Hj. Anik Saiful Ilah yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo menjelaskan bahwa Kabupaten Sidoarjo dikenal dengan tingkat produksi ikan yang cukup bagus karena 15 ribu hektar lahan di gunakan sebagai areal budidaya ikan, sedangkan tingkat konsumsi ikan di Sidoarjo pada 2 tahun terakhir menunjukkan angka sebesar 28,4 kg per kapita per tahun pada tahun 2014 dan pada tahun 2015 sebesar 28,39 kg per kapita per tahun.

 

“Indikator keberhasilan pelaksanaan gemar makan ikan ini dapat di ketahui atau dilihat dari adanya peningkatan konsumsi ikan per kapita pertahunnya” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. M. Sholeh, M.Si.

 

Perlu adanya kontinyuitas ketersediaan produk perikanan khususnya pada hari besar Nasional, Keagamaan serta adanya momen-momen penting di masyarakat, diupayakan juga peningkatannya melalui kegiatan-kegiatan roadshow gemar ikan di Sekolah Dasar, sosialisasi gemar ikan bagi wali murid, anak usia dini, lomba masak serba ikan dan diversifikasi olahan ikan.

 

Di akhir sambutannya Ketua FORIKAN menambahkan bahwa merupakan tanggung jawab kita bersama untuk memberikan hak-hak bagi putra-putri kita, salah satunya adalah dengan memberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi generasi emas generasi yang sehat, kuat, dan cerdas untuk membangun Bangsa dan Kabupaten Sidoarjo di masa yang akan datang.

 

“Kami berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga memperoleh pemahaman tentang kandungan gizi ikan dan manfaatnya bagi tubuh khususnya untuk kesehatan, memperoleh keterampilan dalam mengolah ikan sehingga tidak ragu untuk terus memberikan penjelasan kepada keluarga untuk membiasakan gemar makan ikan” tutupnya.

 

Acara yang juga dihadiri Ny.Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin dan Ny. Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan ini dimeriahkan pula dengan penampilan tarian dan nyanyian “Ayo Makan Ikan” oleh seluruh peserta dan juga diakhiri dengan penampilan demo masak olahan ikan oleh Chef Ken dari MasterChef Indonesia. (humas/yayuk)