Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Peringati HUT Provinsi Jawa Timur ke 71 Dengan Menggelar Panggung Kesenian
Dilihat
177
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-11-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Dalam rangka memperingati HUT Provinsi Jawa Timur ke 71 tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menggelar Panggung Dolanan Anak dan Remaja, Sabtu, (29/10). Kegiatan yang digelar di Pendopo Delta Krida Budaya Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Sidoarjo tersebut di isi dengan berbagai lomba kesenian. Seperti lomba karawitan yang diikuti oleh siswa siswi SMP dan SMA serta lomba tari remo yang diikuti oleh anak TK dan SD. Selain menggelar Panggung Dolanan Anak dan Remaja, juga di gelar kesenian Campursari di Pendopo Delta Krida Budaya. Kemarin malam, kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Sidoarjo H. Machmudi Ali SH. Hadir dalam kesempatan tersebut Kabid Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Sidoarjo Sukartini. Selain itu juga berdatangan pelaku seni di Sidoarjo untuk ikut bernyanyi bersama campursari Kenanga Indah Sidoarjo yang ditampilkan.

 

H. Machmudi Ali mengatakan selain untuk memperingati hari jadi Provinsi Jawa Timur, kegiatan tersebut sekaligus untuk melestarikan kesenian daerah. Melalui panggung dolanan anak, diharapkan generasi muda saat ini dapat ikut melestarikan kesenian budaya bangsa.

 

Ia juga mengatakan perkembangan seni dan budaya dapat dilihat dari geliat kesenian yang ada. Di Kabupaten Sidoarjo sendiri perkembangan seni dan budaya menunjukkan kearah yang positif. Hal tersebut dapat dilihat dari sering adanya pertunjukkan kesenian daerah. Seperti kesenian campursari yang sering dinikmati masyarakat Sidoarjo.

 

Ia juga mengatakan melalui even-even seni budaya yang ada menunjukkan kesenian Indonesia masih tetap lestari.Oleh karena itu seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat terus menggiatkan kesenian-kesenian daerah di wilayahnya. H. Machmudi Ali mengatakan dengan beraneka ragam jenis kesenian akan memunculkan pelaku seni atau seniman baru. Dengan begitu kesenian yang ada akan dapat terus dilestarikan.

 

Disisi lain ia katakan bahwa menumbuh kembangkan kesenian bukanlah pekerjaan yang ringan. Dibutuhkan sinergisitas bersama untuk mewujudkannya. Ia katakan tumbuh dan berkembangnya suatu kesenian bukan hanya tugas pemerintah saja. Melainkan juga pekerjaan bersama antara seluruh elemen masyarakat. Untuk itu pemerintah akan selalu mendukung kesenian yang ada di masyarakat. (humas/git)