Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 88
Dilihat
108
Penulis: Bagian Humas & Protokol
08-11-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Upacara bendera memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 88 tahun 2016 di gelar di Alun-alun Sidoarjo, Jumat (28/10). Selain PNS, upacara tersebut diikuti oleh berbagai organisasi kepemudaan seperti KNPI, IPNU, IPPNU, Pemuda Pancasila dan Banser. Upacara tersebut dipimpin Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH. Hadir dalam upacara tersebut  Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Andre Julian, Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Ifa Sudewi.

 

Membacakan sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga R.I, Imam Nahrawi, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin menyampaikan kepada tokoh - tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan manca negara untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia. Dan melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini, ia juga menyampaikan kepada para pemuda untuk terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia diharapkan dapat terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya bagi kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

 

Ia mengatakan tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa Indonesia. Yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

 

Ia mengatakan bonus demografi menjadi windows opportunity (Peluang) yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi. Pasalnya didukung ketersediaan Sumber Daya Manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan. Untuk itu ia meminta kepada para pemuda Indonesia untuk menjadikan Bonus Demografi bagi percepatan pembangunan di Indonesia.

 

Ia juga meminta kepada pemuda untuk kesekian kalinya membuktikan dalam sejarah Indonesia bahwa pemuda Indonesia sanggup menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Melalui bonus demografi adalah kesempatan satu-satunya dalam mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya.

 

“Di depan mata kita ada MEA dan Perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia,”ucapnya di akhir sambutan.

 

Diakhir upacara dilakukan penyerahan hadiah lomba.  Diantaranya lomba LKBB Paskibra tingkat SMA/SMK, lomba orasi kepemudaan tingkat SMA/SMK serta lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMA/SMK dan SMP. Penyerahan piala pemenang serta uang pembinaan dilakukan Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin. (humas/git)