Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bursa Kerja Terbuka Kembali Digelar
Dilihat
221
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-11-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali menggelar Bursa Kerja Terbuka (BKT) di tahun 2016 ini. Setelah bulan Mei kemarin digelar, tadi pagi, Kamis (20/10), kembali digelar untuk yang kedua kalinya di Lapangan Tennis Indoor GOR Sidoarjo.  Kegiatan untuk memfasilitasi perusahaan dengan para pencari kerja tersebut dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Ada 55 perusahaan yang menyediakan 12 ribu lowongan pekerjaan ikut ambil bagian dalam BKT tahun ini.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan BKT diselenggarakannya untuk memberikan pelayanan kepada para pencari kerja. Semua orang yang ingin mendapatkan pekerjaan dapat mengikutinya. Ia mengatakan setiap orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan. Termasuk orang berkebutuhan khusus atau difabel.  Perlakuan yang sama tanpa diskriminasi diharapkan dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mencari pekerja. Dengan demikian pelayanan penempatan tenaga kerja  yang menjadi tanggung jawab bersama dapat juga dilakukan oleh perusahaan.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan saat ini pekerja dihadapkan pada era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Kedatangan tenaga asing dari luar tidak lagi dapat dibendung. Oleh karena itu lulusan sekolah maupun perguruan tinggi dituntut memiliki standart kompetensi yang mumpuni. Bekal Pengetahuan, ketrampilan, sikap kerja dan pendidikan formal dan non formal harus dimiliki dalam dunia usaha. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah penguasaan bahasa asing yang harus dimiliki.

 

“Mau tidak mau, siap tidak siap, MEA pasti hadir ditengah-tengah kit, maka lulusan sekolah maupun perguruan tinggi dituntut harus memiliki standart kompetensi yang mumpuni,”ujarnya.

 

Asisten Tata Pemerintahan dan Kesra Setda Sidoarjo Drs. Ec. Asrofi, MM mengatakan bahwa Kabupaten Sidoarjo adalah daerah Urban. Banyak pendatang ke Sidoarjo dengan tujuan  mencari pekerjaan. Pasalnya Kabupaten Sidoarjo terdapat banyak perusahaan. Usaha industri, perdagangan maupun jasa berskala besar, kecil maupun UMKM ada di Sidoarjo. Melihat hal itu, Pemerintah perlu memberikan informasi kerja yang dilakukan melalui Bursa Kerja Terbuka seperti ini.

 

Dengan Bursa Kerja Terbuka seperti ini para pekerja yang telah memiliki kartu pencari kerja berkesempatan mendapatkan pekerjaan. Selain itu melalui kegiatan seperti ini akan membantu pemberi kerja atau perusahaan dalam memberikan informasi kerja. Dengan demikian informasi pasar kerja Antar Kerja Lokal (AKL), Antar Kerja Antar Darah (AKAD) dan Antar Kerja Antar Negara (AKAN) dapat tersampaikan. (humas/git)