Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Dirikan Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus
Dilihat
409
Penulis:
2013-05-30 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Keseriusan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terhadap penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di perlihatkan dengan membangun Gedung Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus/Resources Center (RC). Kemarin,  Rabu (29/5) Pusat Pelayanan ABK yang berada di Jalan Pahlawan Sidoarjo tersebut diresmikan penggunaanya oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum.

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa masalah kesejahteraan sosial di masyarakat seperti keberadaan anak berkebutuhan khusus perlu penanganan yang secara multidimensi. Baik dari segi kesehatan, pendidikan, sosial , hukum dan ekonomi.

Ia mengatakan bahwa anak berkebutuhan khusus adalah anak dengan karakteristis khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya. Oleh karena itu anak berkebutuhan khusus memerlukan pelayan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kemampuan dan potensi mereka. Salah satunya bisa didapat lewat pendidikan yang di berikan oleh Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sidoarjo.

Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus ini berfungsi untuk melakukan deteksi dini dan terapi awal pada bayi yang ternyata memegang faktor terpenting bagi anak berkebutuhan khusus, sampainya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa pendirian Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus merupakan bentuk kerjasama Sister Propinsi. Yakni antara Propinsi Jawa Timur dengan Australia Barat dalam penanganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Tenaga Ahli dari Australia Barat Miss. Dr Hellen Goulios yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan harapannya akan pendiriannya Resources Center tersebut. Ia berharap anak berkebutuhan khusus nantinya mendapatkan penanganan yang lebih baik di tempat itu. Selain itu, Dr Hellen Goulios berharap akan terwujudnya  program-program penanganan anak berkebutuhan khusus yang melibatkan masyarakat luas bisa dilakukan Resources Center tersebut.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya atas dilibatkan Australia Barat dalam pendirian Resources Center tersebut. Ia mengatakan bahwa didirikannya Resources Center tersebut merupakan bentuk dukungan pemerintah Australia Barat terhadap  penanganan anak berkebutuhan khusus yang ada di Jawa Timur.
 
Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh bupati Sidoarjo tersebut. Dihadiri juga oleh Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto SH,MM, Ketua DPRD Sidoarjo H. Dawud Budi Sutrisno dan Kepala Biro Administasi Kerjasama Propinsi Jawa Timur Ir. Lili Sholeh Wartadipraja M,Si serta beberapa pejabat terkait. Dalam kesempatan tersebut bupati Sidoarjo beserta pejabat yang hadir menyempatkan diri untuk melihat-lihat fasilitas yang ada Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus tersebut.

Dalam Pusat Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus tersebut terdapat fasilitas berupa 1  ruang dokter, 2 ruang terapi, serta 2 ruang bermain dengan 2 orang tenaga observasi dan operator. (humas/git)