Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Latih Kader Pendamping BKB Desa
Dilihat
428
Penulis: Bidang Informasi Publik
18-08-2016




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Kader pendamping Bina Keluarga Balita (BKB) tingkat Desa se Kabupaten Sidoarjo terus ditingkatkan kemampuan dan pengetahuannya. Tadi pagi, 180 orang kader pendamping BKB desa ikuti pelatihan yang diselenggarakan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo di pendopo Delta Wibawa, Kamis (18/8). Kegiatan itu dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj Anik Saiful Ilah. Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Nun Vino Rudy Muntiawan beserta pengurus TP-PKK Kabupaten Sidoarjo hadir dalam kesempatan tersebut.

 

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj Anik Saiful Ilah mengatakan pelatihan kader pendamping BKB ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader dalam menumbuhkembangkan kesadaran dan sikap orang tua. Selain itu pelatihan tersebut ditujukan untuk memberdayakan bersama anggota keluarga dalam membina balita untuk mewujudkan genersai muda yang berkualitas.

 

Ny. Hj Anik Saiful Ilah mengatakan masa dibawah usia lima tahun (Balita) merupakan masa penentu tumbuh kembang anak menjadi anak yang berkualitas. Pada masa tersebut proses tumbuh kembang anak sangat pesat. Untuk itu peran orang tua dan anggota keluarga sangat diperlukan dalam proses tumbuh kembang anak tersebut. Oleh karena itu ia berharap sedini mungkin peranan orang tua dalam membina tumbuh kembang balitanya dapat dilakukan.

 

Ia katakan apabila pada masa tumbuh kembang anak balita dibina secara baik akan menghasilkan generasi yang baik. Namun sebaliknya bila tumbuh kembang seorang anak mengalami gangguan perkembangan akan menentukan sikap dan pola prilaku di kemudian hari. Untuk itu diperlukan program BKB yang dijalankan oleh kader pendamping BKB. Melalui kader pendamping BKP diharapkan  gangguan perkembangan anak baik emosi, sosial, mental, intelektual maupun moral dapat dicegah.

 

Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera BPMPKB Sidoarjo Heni Kristiani sebagai nara sumber mengatakan tugas kader pendamping BKB sangat penting dalam mencetak generasi yang berkualitas. Kader pendamping BKB yang bekerja sukarela tersebut bertugas memberikan penyuluhan kepada orang tua tentang bagaimana merawat dan mengasuh anak dengan baik dan benar.

 

Heni mengatakan peran orang tua dalam proses tumbuh kembang balitanya sangat utama. Ia mengatakan orang tua adalah pendidik, perawat dan pengasuh yang pertama dan utama. Selain itu orang tua lebih cepat mengenal kelebihan dan kekurangan anak sejak dini untuk dapat dioptimalkan. Untuk itu diperlukan komunikasi verbal dan non verbal antara orang tua dan anak yang sangat berpengaruh dalam pembentukan pribadi anak. (humas/git)