Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Kukuhkan Anggota Paskibraka
Dilihat
586
Penulis: Bidang Informasi Publik
16-08-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Sebanyak 76 orang anggota Pasukan Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Sidoarjo dikukuhkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum tadi malam, Senin (15/8) di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo serta para pejabat Sidoarjo hadir dalam pengukuhan tersebut. Seperti Kapolres Sidoarjo AKBP. Muh. Nasir Anwar, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Andre Julian serta Kajari Sidoarjo Sunarto SH,MH.

 

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan menjadi anggota Paskibraka bukanlah pekerjaan yang ringan. Ada tanggung jawab yang besar yang harus dipikulnya. Anggota Paskibraka harus mampu menegakkan kedaulatan negara dengan mengibarkan bendera merah putih. Untuk itu, siap tidak siap, anggota Paskibraka harus mampu dan sanggup mengemban tanggungjawab diberikan. Untuk itu ia mengingatkan agar anggota Paskibraka dapat menghayati setiap tugas dan pekerjaan yang diberikan.

 

Bupati Sidoarjo meminta kesanggupan tersebut harus diimbangi dengan rasa percaya diri dan tanggung jawab yang penuh.  Hal tersebut penting seperti yang telah diucapkan dalam ikrar dihadapan sang merah putih. Ia juga mengingatkan bahwa anggota Paskibraka harus memiliki jiwa kesatria dan rela berkorban demi Ibu Pertiwi. Hal tersebut seperti yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan kemerdekaan. Dengan bergelimang air mata dan darah, para pejuang tersebut rela jasadnya terkapar untuk membela bendera pusaka merah putih.

 

Pengorbanan tersebut demi apa dan siap?, lontar Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dihadapan anggota Paskibraka. Pengorbanan tersebut demi kemerdekaan dan cita-cita untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

 

"Saat ini harus diingat bahwa pekerjaan belum selesai, masih banyak lahan luas terbentang yang menanti tangan-tangan terpuji. Untuk itu, harus kita dilaksanakan dengan baik dan benar,"ucapnya.

 

Dalam kesempatan itu pula, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada anggota Paskibraka untuk menjadi teladan bagi masyarakat. Menjadi contoh yang baik harus dapat dilakukan anggota Paskibraka di lingkungannya masing-masing.

 

"Seorang anggota Paskibraka dituntut untuk menjadi teladan masyarakat di lingkungannya masing-masing,”pintanya.

 

Dalam pengukuhan tersebut anggota Paskibraka serentak ucapkan ikrar janji setia kepada ibu pertiwi. Kemudian dengan diiringi lagu ‘Bagimu Negeri’, satu persatu anggota Paskibraka mencium sang saka merah putih tanda siap berbakti dan mengabdi.

 

Sementara itu Kabid Kepemudaan dan Keolahragaan Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sidoarjo, Drs. Iskandar Dirgayusa mengatakan para anggota Paskibraka yang telah dikukuhkan kali ini adalah hasil seleksi yang cukup ketat. Mereka merupakan siswa-siswi SMA,MA maupun SMK se-Kabupaten Sidoarjo yang duduk di kelas 1 dan 2. Pada proses seleksi tersebut dikuti sekitar 1.500 pelajar. Dari proses seleksi tersebut terpilih 78 anggota Paskibraka Kabupaten Sidoarjo. Dari jumlah tersebut dua orang anggota Paskibraka Sidoarjo terpilih menjadi anggota Paskibraka Provinsi Jawa Timur.

 

Ia mengatakan selama satu bulan, anggota Paskibraka menjalani pelatihan. Pelatihan baris berbaris maupun pembekalan ilmu pengetahuan umum serta bahasa Inggris diberikan. Mereka dilatih dari berbagai unsur kesatuan. Seperti Polres Sidoarjo, Kodim 0816 Sidoarjo maupun dari intansi terkait seperti Dinas Pendidikan,  Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata serta Protokol Setdakab. Sidoarjo.

 

Ia berharap para anggota Paskibraka nantinya dapat mengemban tugas dengan baik pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan R.I ke 71 Tahun 2016 di Alun-alun Sidoarjo besok. Setelah tugas itu dilaksanakan, selesai sudah tanggung jawab mereka dalam mengemban tugasnya. (humas/git)