Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wabup Sidoarjo Meminta Masyarakat Jaga Kelestarian Lingkungan
Dilihat
551
Penulis: Bidang Informasi Publik
13-08-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH meminta kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungannya. Ia berpesan, jangan sampai pola hidup kita merusak lingkungan yang ada. Hal tersebut dimintanya saat membuka Sarasehan Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diselenggarakan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo di Taman Tanjung Puri, Desa Bluru Kidul Sidoarjo, Sabtu, (13/8). Sarasehan tersebut diikuti oleh guru serta para pelajar.

 

Dihadapan peserta sarasehan, Wakil Bupati Sidoarjo mengatakan menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak. Masyarakat harus andil dalam menyelamatakan dunia dari kerusakan alam. Masyarakat harus mempunyai pola pikir dan pola hidup yang berwawasan lingkungan. Dengan demikian kelestarian lingkungan akan terjaga.

 

Ia mengatakan melestarikan lingkungan sama halnya dengan meninggalkan warisan kepada generasi mendatang. Warisan yang tak ternilai bagi anak cucu kita nantinya. Warisan yang menciptakan generasi yang sehat. Generasi yang dapat menikmati alam dan udara yang sehat.

 

Untuk itu dalam kesempatan tersebut ia meminta masyarakat sadar akan pentingnya menjaga dan melestarikan lingkungan. Sadar untuk kembali bersahabat dengan alam. Untuk itu masyarakat diminta mempunyai pemikiran, “apa yang bisa kita diberikan untuk alam”?. Pemikiran tersebut sebagai modal awal dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan.

 

“Mari kita jaga lingkungan, kalau kita mengotori lingkungan sama halnya kita mengotori hidup kita sendiri,”pesannya.

 

Pada peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diselenggarakan tadi pagi,  juga diisi dengan kegiatan fun game serta lomba melukis. Kegiatan tersebut diarahkan untuk mendekatkan peserta didik kepada alam.

 

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sidoarjo Drs. Y. Siswojo mengatakan upaya pengenalan alam dapat dimulai sejak dini. Sejak diusia bangku sekolah, anak-anak hendaknya dikenalkan pada lingkungan. Oleh karena itu kegiatan kali ini digelar dengan melibatkan para pelajar yang diselenggarakan di taman bekas pembuangan sampah.

 

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Sidoarjo tersebut mengungkapkan kegiatan saresehan diikuti pelajar SMA/SMK Adiwiyata dan calon sekolah Adiwiyata. Melalui saresehan tersebut diharapkan para pelajar dapat membangun sekolahnya menjadi sekolah green school. Sedangkan kegiatan lomba melukis di ikuti oleh peserta didik SD dan SMP. Tema lukis kali ini juga diarahkan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Tema bagaimana menyelamatkan tumbuhan maupun satwa liar yang dapat dilakukan. Dan semua kegiatan tersebut bertujuan agar para pelajar mengenal dan mencintai alamnya. (humas/git)