Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Lepas Kontingan Jambore Nasional ke X Tahun 2016
Dilihat
725
Penulis: Bidang Informasi Publik
09-08-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.-  40 orang peserta dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo akan ikuti  Jambore Nasional ke X tahun 2016. Mereka terdiri dari 32 peserta Jambore dari anggota Pramuka Penggalang, 4 orang pimpinan kontingen serta 4 orang pembina dan pendamping. Tahun ini Jambore Nasional diselenggarakan di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur Jakarta Timur mulai tanggal 13-20 Agustus 2016.Tadi pagi, mereka dilepas Bupati Sidoarjo H. SaifulIlah SH,M.Hum di pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Selasa, (9/8). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo H. Vino rudy Muntiawan SH dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM.

 

Dalam sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan gerakan Pramuka memiliki peran yang sangat penting dalam membangun generasi muda yang trampil dan berkarakter. Untuk itu gerakan Pramuka harus menyatu dengan lingkungan. Dengan demikian  akan mampu berperan dalam membangun lingkungan di sekitar tempat tinggalnya.

 

Bupati Sidoarjo katakan melalui Jambore Nasional akan menumbuh kembangkan budaya bangsa Indonesia yang selama ini ada. Selain itu dapat menanamkan nilai-nilai keberagaman budaya dan wawasan kebangsaan Indonesia bagi anggota Pramuka.  Tidak hanya itu, melalui kegiatan tersebut anggota Pramuka akan dibekali pengetahuan untuk lebih mengedepankan hidup damai dalam budaya yang beragam. Dan melalui kegiatan itu pula akan dapat menumbuh kembangkan karakter dan jati diri kepada para generasi muda.

 

Untuk itu dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah meminta kepada anggota Pramuka untuk dapat memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Ia katakan menjadi kontingen Jambore Nasional seperti ini adalah suatu kebanggaan. Pasalnya tidak semua anggota Pramuka Penggalang dapat ikut Jambore Nasional.

 

“Dengan mengikuti Jambore Nasional ini akan mempererat jalinan persaudaraan yang akrab dan bisa menggali pengalaman-pengalaman yang banyak dari anggota Pramuka daerah lain,”ujarnya.

 

Diakhir sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah meminta kepada peserta Jambore Nasional untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik. Ia juga meminta kegiatan tersebut sebagai ajang melatih kemandirian. Untuk itu ia berpesan untuk selalu menanamkan rasa percaya diri dan kebersamaan demi mengharumkan nama baik Kabupaten Sidoarjo pada ajang Jambore Nasional tahun ini.

 

“Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan masing-masing, sehingga adik-adik Pramuka nanti mampu mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Jambore Nasional.

 

Sementara itu Ketua Kontingan Jambore Nasional ke X Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. Kusnan mengatakan Jambore Nasional adalah kegiatan yang menantang dan menarik serta menyenangkan. Kegiatannya juga mengandung unsur pendidikan yang menjadi salah satu prinsip dasar dalam metode kepramukaan.

 

Kegiatan Jambore Nasional itu sendiri sampai Kak Kusnan untuk menambah pengetahuan, pengalaman dan mempererat persaudaraan antar Pramuka Penggalang se Indonesia. Selain itu bertujuan untuk menerapkan ketrampilan dan kecerdasan maupun kecakapan yang nantinya diharapkan menjadi kader pembangunan bangsa yang bermoral Pancasila.

 

Ia berharap pemberangkatan kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo pada hari Kamis tanggal 11 Agustus besok berjalan lancar. Ia berharap kontingen Sidoarjo dapat mengikuti setidaknya 83% kegiatan yang ada dalam Jambore Nasional. Dengan begitu tanda kegiatan sebagai award dapat diraih oleh kontingen Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo. (humas/git)