Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
APKASI Peduli Bencana di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
512
Penulis:
2013-05-28 09:10:01




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar acara workshop tentang penanggulangan bencana di Sun Hotel  Sidoarjo kemarin (27/5). Acara ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana yang ada di daerah, sekaligus juga sebagai wahana silahturahmi para bupati seluruh Indonesia yang rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali.

Workshop ini juga mendatangkan narasumber dari Konsul Jenderal Jepang di Surabaya Mr. Noboru Nomura, Dirjen PUM-Kemendagri Made Suwandi,  Deputi Bidang penegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Sugeng Triutomo, serta Vice President Finance Tri Setia.

Ketua APKASI H. Isran Noor, Msi, menyatakan bahwa pertemuan APKASI tahun ini berlokasi di Kabupaten Sidoarjo dan secara kebetulan, Kabupaten Sidoarjo juga sedang mengalami bencana luapan Lumpur Lapindo yang hingga memasuki tahun ke tujuh masih juga belum tuntas untuk pembayaran ganti ruginya.

Workshop ini merupakan bukti bahwa APKASI turut memikirkan dan mencari solusi terhadap bencana yang terjadi di tanah air ini, khususnya bancana luapan Lumpur lapindo. Melalui workshop ini kita mencoba untuk menyamakan persepsi bagaimana menghadapi suatu bencana yang terjadi di daerah.

Setiap daerah memiliki persoalan yang sama untuk bencana, tapi tentunya cara penanggulangannya berbeda karena ini menyangkut kebijakan daerah masing – masing, jelas Isran

Sementara Bupati Sidoarjo H, Saiful Ilah, SH, M.HUM menyambut baik pelaksanaan pertemuan APKASI di Kabupaten Sidoarjo ini. Para tamu APKASI ini sebelum melaksanakan workshop pada malam harinya (26/5) melaksanakan perjamuan makan malam dan pembukaan pertemuan APKASI di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

Sebagai Pimpinan Daerah saya  berharap dengan pelaksanaan workshop ini bisa menemukan penyelesaian secara tuntas untu kasus luapan Lumpur lapindo dengan adanya dukungan dari APKASI ini, ujar Saiful.

Kegiatan APKASI di Kabupaten Sidoarjo yang dimulai sejak tanggal 26 hingga 28 Mei ini berakhir hari ini dengan kegiatan peninjauan lapangan ke lokasi luapan Lumpur lapindo dilanjutkan dengan penanaman pohon di eks pasar Porong di Kecamatan Porong. (humas/en)