Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Adipura Kirana Dikirab Keliling Sidoarjo
Dilihat
773
Penulis: Bidang Informasi Publik
25-07-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Untuk keenam kalinya penghargaan Adipura diraih Kabupaten Sidoarjo. Tahun ini penghargaan Adipura Kirana berhasil diboyong Kabupaten Sidoarjo. Penghargaan Adipura yang diterima Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M,Hum dari Wakil Presiden R.I H. Yusuf Kalla di Kabupaten Siak Propinsi Riau Jumat kemarin (22/7), tadi pagi Senin (25/7) dikirab keliling Sidoarjo.

 

Kirab di mulai di depan paseban Alun-alun Sidoarjo Jalan Cokronegoro menuju Jalan A.Yani, Jalan Untung Suropati sampai Jalan Sunandar Priyo Sudarmo atau  Pasar Larangan. Dari  Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, piala Adipura dikirab melewati Jalan Pahlawan dan memutari tugu Adipura di depan Perumahan Taman Pinang Indah dan kembali ke paseban Alun-alun Sidoarjo. Kirab dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dan H. Nur Ahmad Saifuddin dengan mengendarai mobil jeep terbuka. Dibelakangnya terdapat rombongan pejabat Sidoarjo dan para pasukan kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sidoarjo yang ikut mengarak.

Selama melewati jalan-jalan protokol Sidoarjo, piala Adipura disambut gembira oleh para pelajar. Mulai siswa SD sampai SMA berjejer-jejer dipinggir jalan untuk menyambut keberhasilan Kabupaten Sidoarjo meraih piala Adipura. Sampai di Alun-alun Sidoarjo, piala Adipura Kirana disambut oleh Ketua DPRD Sidoarjo H.Sullamul Hadi Nurmawan.

 

Bupati Sidoarjo mengucap syukur Alhamdulillah tahun ini Kabupaten Sidoarjo berhasil meraih penghargaan Adipura Kirana. Keberhasilan tersebut dicapai berkat dukungan semua pihak, terutama peran serta partisipasi masyarakat. Ia katakan penilaian penghargaan Adipura Kirana dititik beratkan pada kota yang mampu  mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investment yang berbasis pengelolaan  lingkungan hidup.

 

"Penghargaan ini merupakan hasil kerja dan perjuangan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sidoarjo,"ujarnya.

 

Bupati Sidoarjo juga mengatakan bahwa keberhasilan Sidoarjo meraih Piala Adipura Kirana tahun ini setingkat lebih tinggi dari tahun lalu. Ia katakan tahun ini Kabupaten Sidoarjo telah mempunyai 2 Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) yang berbasis 3R (Reduse, Reuse, Recycle). Yakni TPST Kawasan Bhakti Bumi I yang ada di Desa Rangkah Kidul dan  TPST Bhakti Bumi II berada di Desa Banjar Bendo. Dibangunnya TPST tersebut guna menanggulangi permasalahan sampah di Sidoarjo.

 

"Tujuan dibangunnya TPST ini adalah untuk membudayakan hidup bersih, dengan langkah 3R, selain itu juga sebagai sebagai tempat rekreasi dan pembelajaran,"ujarnya.

 

Masih dikatakan Bupati Sidoarjo bahwa TPST di Kabupaten Sidoarjo sendiri berfungsi sebagai tempat pengelolaan sampah tuntas di tempat. Artinya tidak ada lagi sampah yang harus dibuang dan menumpuk di Tempat Pengelolaan Akhir (TPA) sampah. Selain itu pembangunan TPST dapat dimanfaatkan sebagai tempat edukasi lingkungan dan wisata lingkungan.

 

"Program TPST berbasis 3R ini pengelolaannya melibatkan masyarakat golongan ekonomi lemah di sekitar kawasan TPST, dan selama program ini berjalan, telah mampu meningkatkan perekonomian mereka,"sampainya.

 

Tahun depan lanjut H. Saiful Ilah, Pemkab Sidoarjo akan membangun TPST di 6 titik. Untuk itu ia meminta dukungan semua pihak agar pembangunannya tahun 2016 ini dapat segera terwujud.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Sidoarjo atas partisipasinya menjaga kebersihan lingkungan. Ia berharap dengan upaya bersama, tahun depan adipura dengan kategori yang lebih tinggi lagi dapat diraih. Yakni diraihnya Adipura Paripurna. (humas/git)