Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan Adipura Kirana
Dilihat
476
Penulis: Bagian Humas & Protokol
23-07-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Untuk kesekian kalinya Penghargaan Adipura kembali diraih oleh Kabupaten Sidoarjo. Tahun 2016 ini, penghargaan Adipura Kirana dari presiden R.I berhasil diraih Kabupaten Sidoarjo. Kemarin, Jumat, (22/7) penghargaan kebersihan lingkungan tersebut diberikan langsung oleh Wakil Presiden R.I Yusuf Kalla  kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum pada peringatan Hari Lingkungan Hidup dilapangan depan istana Siak Riau. Raihan penghargaan Adipura berturut-turut dicapai Kabupaten Sidoarjo sebagai kota sedang.

 

Tahun ini, Kementerian Lingkungan Hidup R.I membagi penghargaan Adipura menjadi lima kategori. Yakni Adipura Buana, Adipura Kirana, Adipura Karya, Adipura Bakti seta Adipura Paripurna. Kategori tersebut diberikan kepada kabupaten/kota dengan capaian kebersihan lingkungan dibidang masing-masing.

 

Untuk kategori Adipura Buana diberikan kepada pemerintah daerah yang menggabungkan unsur sosial dengan lingkungan untuk membentuk kota yang layak huni yang tercermin dari masyarakat kota yang peduli lingkungan. Sedangkan untuk kategori Adipura Kirana penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investmen yang berbasis lingkungan hidup. Untuk kategori Adipura Karya menggabungkan aspek sosial dan ekonomi untuk membentuk produktif city, penciptaan lapangan kerja, pendidikan, kesehatan, transportasi massal ramah lingkungan dan jaringan kerjasama antar daerah. Sedangkan untuk kategori Adipura Bakti di anugerahkan kepada bupati/walikota terbaik yang progresif, kolaboratif dan kreatif. Dan untuk Adipura Paripurna diberikan kepada kabupaten/kota dengan capaian minimal dua kategori dari beberapa kategori Adipura.

 

Rencananya, besok Senin, (25/7) piala Adipura akan dikirab keliling Sidoarjo. Start di Paseban Alun-alun Sidoarjo atau di depan Pendopo Delta Wibawa, piala Adipura Kirana akan di kirab melewati jalan-jalan protokol di Sidoarjo. Bupati, wakil bupati Sidoarjo serta para pejabat akan membawa piala tersebut berkeliling untuk dipersembahkan kepada masyarakat Sidoarjo. (humas/git)