Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Baznas Kabupaten Sidoarjo Bagikan Zakat Fitrah
Dilihat
911
Penulis: Bidang Informasi Publik
02-07-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sidoarjo mulai bagikan zakat yang dikelolanya. Ada 300 lebih lembaga serta 4 ribu lebih fakir miskin yang akan menerima zakat tahun ini. Pembagian zakat kepada 300 lebih lembaga dimulai hari ini, Sabtu (2/7) dihalaman Pendopo Delta Wibawa. Besok, Minggu (3/7) giliran zakat bagi fakir miskin akan dibagikan ditempat yang sama.

 

Secara simbolis, tadi pagi Ketua Baznas Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan SH menyerahkan zakat tersebut kepada beberapa lembaga.  Ada beberapa lembaga yang berhak menerima zakat. Seperti Yayasan Panti Asuhan, Pondok Pesantren, TPQ, maupun masjid dan musholla serta lembaga sosial lainnya. Tiap-tiap lembaga akan mendapatkan zakat berupa beras seberat 25 kg dari Baznas Kabupaten Sidoarjo.

 

Ketua III Baznas Kabupaten Sidoarjo Drs. Ilhamuddin mengatakan ada 300 lebih lembaga yang akan menerima zakat hari ini. 551 orang pasukan kuning dari Dinas Kebersihan dan pertamanan Sidoarjo salah satu penerimanya. Zakat yang dibagikan kali ini juga disalurkan kepada daerah terpencil di Sidoarjo. Seperti di Dusun Kepetingan Desa Sawohan Buduran. Untuk besok lanjut Ilhamuddin zakat akan dibagikan kepada 4 ribu lebih fakir miskin. Mereka akan mendapatkan 3 kg beras.

 

Ia mengatakan seluruh zakat yang dihimpunnya berasal dari seluruh PNS Sidoarjo. Selain itu  diperoleh dari para PNS di instansi vertikal Sidoarjo dan BUMN maupun BUMD. Ia berharap pengumpulan zakat dari tahun ketahun dapat meningkat. Untuk itu ia berharap kepada para PNS di Sidoarjo dapat langsung menyetorkan zakatnya kepada Baznas Sidoarjo. Ia mengingatkan kepada para PNS untuk dapat menunaikan kewajiban berzakat. Ia berharap para PNS Sidoarjo tiap bulannya dapat menyalurkan zakat mal nya di Baznas Sidoarjo.

 

“Bukan hanya infaq dan shodaqoh tapi mereka dapat melaksanakan kewajibannya untuk berzakat,”ujarnya.

 

Sementara itu Pelaksana Harian Baznas Kabupaten Sidoarjo Fathoni mengatakan saat ini telah terkumpul 27 ton beras zakat. Dan itu masih dapat bertambah seiring masih ada yang menyerahkan zakat di Baznas Sidoarjo. Ia mengatakan kupon-kupon penerima zakat telah dibagikan langsung oleh Baznas Sidoarjo. Lembaga-lembaga maupun fakir miskin telah didata dan berhak mendapatkannya.

 

Sementara itu H. Ahmad Mudiono S.Sos salah satu penerima dari lembaga mengaku bersyukur mendapatkan zakat kali ini. Ia yang juga seorang pengurus Musholla Al-Jomah sekaligus pengurus TPQ Roudhatul Ilmi Desa Buduran mengaku tiap tahun mendapatkannya. Nantinya zakat yang diperolehnya akan ia salurkan kepada jamaah musholanya yang kurang mampu serta santri TPQ nya yang juga kurang mampu. Ia berjanji akan amanah menyalurkan 50 kg beras dari Baznas Sidoarjo dan zakat yang diterimanya dari masyarakat sekitarnya. (humas/git)