Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Jelang Lebaran 2016, BPJS Kesehatan Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Yang Sedang Mudik
Dilihat
501
Penulis: Bidang Informasi Publik
30-06-2016




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo - Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal penjaminan pelayanan kesehatan, menjelang hari raya idhul fitri tahun 2016, BPJS kesehatan menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta JKN - KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih ringkas. Oleh karenanya, para peserta JKN -  KIS yang sedang mudik dihimbau untuk selalu membawa kartu JKN - KIS, kartu BPJS, kartu Askes maupun kartu Jamkesmas.


"Peserta JKN - KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN- KIS dapat langsung mengunjungi IGD rumah sakit terdekat yang ditunjuk oleh kantor cabang", kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo Dwi Hesti Yuniarti dalam konferensi pers bertema Mudik Nyaman Selama di Kampung Halaman Bersama BPJS Kesehatan, Rabu (29/6) di ruang media center BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo.


Menurut Hesti, kebijakan pemangkasan prosedur pelayanan kesehatan tersebur berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 lebaran. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN - KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat ataupun mengunjungi FKTP sementara. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.


"Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN - KIS yang berstatus aktif. Karena itu mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta dapat dilakukan melalui website www.bpjs-kesehatan.go.id pada menu cek iuran peserta atau melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dan hotline service kantor cabang di seluruh Indonesia, dapat dilihat di website BPJS Kesehatan", jelas Hesti.


Hersti juga menegaskan bahwa selama peseta JKN-KIS mengikuti prosedur dsan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka fasilitas kesehatan tidak diperkenankan menarik iuran dari biaya peserta.


Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi 24 jam oleh peserta di masing - masing wilayah.


Selain itu, BPJS Kesehatan juga membuka Posko Mudik di 5 (lima) titik padat pemudik, yaitu pelabuhan merak banten, terminal kampung rambutan Jakarta, terminal bungurasih Surabaya, pelabuhan gilimanuk Bali dan pelabuhan soekarno hatta Makassar. Posko mudik tersebut menyediakan pelayanan kesehatan, obat - obatan, fasilitas relaksasi, hingga sosialiasasi program jaminan kesehatan kepada para pemudik. (humas/ir).