Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Rakyat dan Bazzar Ramadhan
Dilihat
246
Penulis: Bagian Humas & Protokol
27-06-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Berbagai aneka kebutuhan dengan harga dibawah pasar bisa diperoleh dalam Pasar Rakyat dan Bazzar Ramadhan Sidoarjo.  Kegiatan yang di gelar di halaman Markas Komando Pasmar 1 Gedangan Sidoarjo akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 24-26 Juni. 100 stan disediakan bagi para UMKM Sidoarjo maupun daerah lain. Selain itu juga di isi oleh berbagai perusahaan yang menjual barang dagangannya dibawah harga normal.

 

Kemarin sore, Jumat (24/6), kegiatan untuk mengisi bulan Ramadhan tersebut di buka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Ia mengatakan Pasar Rakyat dan Bazar Ramadhan digelar sebagai sarana promosi. Selain itu juga untuk memberikan kemudahan dan kemurahan harga kebutuhan bahan pokok kepada masyarakat. Dengan begitu akan dapat meringankan beban masyarakat khususnya masyarakat yang kurang beruntung.

 

“Untuk itu saya berharap agar berbagai pihak dapat mendukung kegiatan Pasar Rakyat dan Bazar Ramadhan ini sehingga dapat berjalan tepat sasaran,”harapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan Pemerintah Daerah selalu berkomitmen untuk mendukung tumbuh-kembangnya UMKM. Hal tersebut dapat dilihat melalui intervensi program Pemerintah dari aspek pembinaan SDM dan kualitas produk serta pemasaran. Oleh karena itu keberadaan Koperasi dan UMKM di Kabupaten Sidoarjo mengalami perkembangan yang cukup pesat. Dan hal itu mendukung tumbuh kembang perekonomian di Sidoarjo.

 

Ia mengatakan kontribusi gerakan Koperasi dan UMKM terhadap PDRB Kabupaten Sidoarjo kurang lebih 50%. Hal itu membuktikan bahwa Koperasi dan UMKM Sidoarjo siap menghadapi persaingan pasar global pada era Masyarakat Ekonomi Asia.

 

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM Sidoarjo Feny Apridawati mengatakan kegiatan tersebut digelar dengan melibatkan berbagai pihak. Diantaranya Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Timur maupun Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur. Selain yang dilakukan di bulan Ramadhan ini juga untuk memperingati Hari Koperasi Nasional ke 69 tahun 2016.

 

Ia mengatakan dari 100 stan yang ada, 20 stan diperuntukkan bagi UMKM Sidoarjo. Selebihnya bagi UMKM daerah lain dan perusahaan. Dalam Pasar Rakyat dan Bazzar Ramadhan kali ini ada 7 perusahaan di Sidoarjo yang ikut berpartisipasi. Perusahaan tersebut akan menjual barang-barang kebutuhan lebaran di bawah harga pasar.

 

“Sampai hari ini atau tiga hari kedepan para peserta yang ikut Pasar Rakyat ini semua menjual barang prodaknya dibawah harga pasar,”ujarnya.

 

Dalam pembukaan Pasar Rakyat kemarin Pemerintah Propinsi Jawa Timur menyediakan paket sembako murah. Ada 700 paket sembako yang dijual Rp 50 ribu/paket. Paket sembako yang  seharusnya seharga Rp 100 ribu tersebut berisi beras 5kg, gula 2kg serta minyak goreng 2 liter.

 

Dalam kegiatan tersebut Pemerintah Propinsi Jawa Timur juga menggelar operasi pasar. 4 komoditas utama akan dijual setiap hari dalam Pasar Rakyat kali ini. Seperti beras yang dijual seharga Rp. 8.750/kg dengan kuota 250kg perharinya. Lalu gula dengan kuota 850kg perharinya dijual Rp. 11.750/kg. Kemudian  minyak goreng yang disediakan 650kg perharinya dijual seharga Rp. 11.300/liter dan tepung terigu yang dijual Rp perkilonya Rp. 7.200. Untuk tepung terigu disediakan 100kg perhari.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dijual bandeng murah oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Bandeng kemasan 2kg dijual Rp. 25 ribu. 2 ton bandeng dijual dalam Pasar Rakyat kali ini. Selain itu dalam kesempatan tersebut Pemkab Sidoarjo juga menjual beras murah. Beras yang dijual Rp. 6 ribu/kg nya tersebut disediakan sebanyak 10 ton. Telur seharga Rp. 16 ribu/kg serta gula seharga Rp. 12.500 ribu/kg juga bisa dibeli dalam di Pasar Rakyat tahun ini.

 

Dalam pembukaan Pasar Rakyat kemarin dihadiri Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH serta Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Selain itu Danpasmar 1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) Lukman Hasyim serta Kepala Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Timur I Made Sukartha turut hadir. (humas/git)