Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kampanyekan Gemar Makan Ikan, Gelar Lomba Masak Ikan
Dilihat
323
Penulis:
2013-05-23 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus berupaya untuk meningkatkan konsumsi ikan kepada masyarakatnya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan menggandeng Tim Penggerak-PKK Kabupaten Sidoarjo, menyelenggarakan Lomba Masak Ikan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolahan Makanan dan Minuman Sehat Berbahan Lokal yang diselengarakan di Pendopo Delta Wibawa, kemarin, Selasa (21/5).

Dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah, kegiatan lomba dan Bimtek tersebut diikuti oleh seluruh TP-PKK kecamatan se Kabupaten Sidoarjo. Ny. Hj. Anik Saiful Ilah yang juga ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sidoarjo dalam sambutannya mengatakan bahwa diselenggarakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TP-PKK Kabupaten Sidoarjo bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sidoarjo untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat memanfaatkan sumber daya pangan lokal. Baik itu yang berasal dari sektor pertanian maupun perairan dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Ny. Hj. Anik Saiful Ilah menyampaikan bahwa dalam memilih pangan buat keluarga, syarat beragam, bergizi, seimbang dan aman harus menjadi pertimbangan. Makanan yang dikonsumsi pun sampainya harus dapat memenuhi zat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita adalah protein yang berguna bagi pertumbuhan dan kecerdasan, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Kabupaten Sidoarjo memiliki kekayaan yang mampu menyediakan sumber protein hewani berupa ikan, sampainya.

Ia juga mengatakan bahwa untuk mengurangi ketergantungan pada beras dan terigu serta memasyarakatkan gemar makan ikan. Upaya pengembangan pangan lokal perlu digalakkan diberbagai lapisan masyarakat.

Istri Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah tersebut menyampaikan bahwa masih banyak permasalahan dan kendala dalam melakukan gerakan penganekaragaman konsumsi pangan berbahan lokal. Untuk itu diperlukan pemikiran dan partisipasi dari semua pihak. Baik dari pihak swasta, perguruan tinggi maupun instansi terkait sesuai kewenangannya masing-masing.

Untuk itu lewat kegiatan Bimtek tersebut, Hj. Anik Saiful Ilah berharap kepada nara sumber untuk membantu masyarakat Sidoarjo, khususnya anggotanya dalam menggali potensi pangan lokal yang ada di Sidoarjo. Sehingga nantinya masyarakat Sidoarjo dapat mengembangkan produk-produk pangan olahan yang unggul dan mampu menyaingi produk pangan impor yang semakin banyak membanjiri pasar pangan.

Dalam kesempatan tersebut ia juga berharap kegiatan Bimtek Pengelolahan Makanan dan Minuman Sehat Berbahan Lokal serta Lomba Masak Ikan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendapatkan masukan dan motivasi dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. Serta meningkatnya minat dalam pengolahan anekaragam pangan berbahan lokal di Kabupaten Sidoarjo dan dapat mendukung ketahanan pangan juga salah satu yang diharapkannya dalam kegiatan tersebut.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sidoarjo Ir. Muhammad Soleh, M.Si menyampaikan bahwa maksud dilaksanakan lomba masak ikan tersebut adalah untuk mengkampanyekan gemar makan ikan. Sedangkan tujuannya sendiri ungkap Muhammad Soleh adalah untuk mendorong dan meningkatkan minat masyarakat untuk terus menciptakan aneka menu masakan berbahan dasar ikan. Serta membuat kreasi makanan olahan ikan yang diharapkan meningkatnya konsumsi ikan pada masyarakat.

Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sidoarjo terus berupaya untuk meningkatkan konsumsi ikan kepada masyarakatnya. Hal tersebut demi untuk menyehatkan dan mencerdaskan masyarakat Sidoarjo serta generasi penerus bangsa.

Selain berpengaruh terhadap peningkatan kualitas SDM, melalui peningkatan konsumsi ikan ujar Muhammad Soleh, secara langsung juga akan meningkatkan potensi ekonomi pasar. Serta juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pembudidaya ikan, nelayan dan pengelolah hasil perikanan, sampainya.


Sementara itu dalam lomba masak ikan, tiga dewan juri dari Universitas Negeri Surabaya, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur serta dewan juri dari Surabaya Hotel School memutuskan sebagai juara pertamanya di raih oleh TP-PKK Kecamatan Candi. Dengan nilai 276 yang diberikan oleh dewan juri, TP-PKK Kecamatan Candi berhak mendapatkan piala bergilir dari ketua Forikan Kabupaten Sidoarjo dan piala kemenangan dari Kabupaten Sidoarjo serta hadiah utama berupa 1 unit lemari es.

Sedangkan yang menempati juara kedua diraih oleh TP-PKK Kecamatan Waru dengan nilai yang diberikan dewan juri sebesar 262. Untuk juara tiga dengan perolehan nilai sebesar 259, ditempati oleh TP-PKK Kecamatan Sidoarjo. Untuk juara harapan I, II,dan III, secara berurutan diraih oleh TP-PKK