Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Kembali Raih Opini WTP dari BPK
Dilihat
707
Penulis: Bidang Informasi Publik
05-06-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo kembali menerima penghargaan berupa predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Keperintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2015 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BKP). Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur Novian Herodwijanto kepada Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH., M.Hum. dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Taufik Hidayat Tri Yudono, S.Ked. di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jumat (3/6).

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pemberian opini WTP ini, penghargaan ini merupakan untuk yang ketiga kalinya secara berturut-turut bagi Sidoarjo” ucap Saiful Ilah dengan bangga.

Dalam sambutannya diacara tersebut Bupati Sidoarjo juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, menurutnya tanpa dukungan mereka maka mustahil predikat opini WTP dapat diraih Pemkab Sidoarjo.

Tidak merasa terlena dengan penghargaan ini, Bupati Sidoarjo menyadari bahwa kedepan Pemkab Sidoarjo akan terus melakukan pembenahan dan perbaikan untuk mencapai kesempurnaan dalam membuat pertanggung jawaban keuangan. “Tentunya dalam hal ini, kami tetap berharap selalu diberikan bimbingan pembenahan dari BPK” harapnya.

Sementara itu, dikesempatan yang sama Novian Herodwijanto menjelaskan bahwa Tahun ini merupakan pemeriksaan keuangan pertama dengan menggunakan basis akrual. “Tahun 2015 merupakan tahun pertama dimana seluruh pemerintah baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah diwajibkan untuk menerapkan akuntansi berbasis akrual, tentu saja proses migrasi ini merupakan tantangan yang tidak kecil, tidak hanya pada pemerintah pusat maupun daerah tapi juga para pemeriksa itu sendiri” ungkapnya.

Di Jawa Timur ada 24 daerah yang menerima opini atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2015 dari BPK Perwakilan Jawa Timur. Diantaranya, 20 daerah menerima opini WTP dan 4 daerah menerima opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian). (humas/dk)