Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Danrem 084 Bhaskara Jaya Tutup TMMD ke 96 di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
639
Penulis: Bidang Informasi Publik
02-06-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 96 tahun 2016 di Kabupaten Sidoarjo telah selesai. Selama satu bulan proyek-proyek pembangunan telah dikerjakan TNI bersama masyarakat di Desa Keret Kecamatan Krembung. Proyek pembangunan seperti pengaspalan jalan maupun pembangunan jembatan serta plengsengan selesai dikerjakan.

 

Menandai selesainya pelaksanaan TMMD ke 96 tahun 2016 di Kabupaten Sidoarjo dilakukan upacara penutupannya di Desa Keret, kemarin, Rabu (1/6). Dalam upacara tersebut juga dilakukan penandatanganan penyerahan hasil proyek pembangunan oleh Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Andre Julian, S.IP serta  Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum dan Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman. Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH serta para pejabat Kabupaten Sidoarjo. Tampak pula ketua dan wakil ketua serta para pengurus TP-PKK Kabupaten Sidoarjo.

 

Danrem 084 Bhaskara Jaya selaku Inspektur Upacara (Irup) mengucapkan terimakasihnya kepada pemerintah daerah serta masyarakat atas terselenggaranya TMMD dengan sukses dan lancar. Membacakan sambutan Kasad Jendral TNI Mulyono, ia mengatakan TMMD sudah dimulai sejak tahun 1980an. Kala itu TMMD dikenal dengan sebutan program ABRI Masuk Desa.

 

Ia mengatakan program TMMD masih sangat dibutuhkan. Pasalnya sebagian wilayah Indonesia adalah pedesaan. Oleh karena itu keterlibatan TNI dalam ikut membangun sarana dan prasarana serta infrastruktur desa masih diperlukan.

 

"Setelah melalui berbagai evaluasi dan peninjauan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini telah nyata-nyata semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,"ujarnya.

 

Kolonel Czi Denny Herman juga mengatakan pada TMMD tahun ini ada 33 sasaran pembangunan fisik yang tersebar di seluruh Indonesia. Sasaran pembangunan fisik tersebut meliputi pembangunan jalan, pemavingan maupun jembatan dan renovasi sekolah. Selain itu juga ada pembangunan non fisik. Seperti pembekalan wawasan kebangsaan kepada masyarakat maupun sosialisasi tentang  pertanian dan perikanan serta kesehatan.

 

"Selain itu dilakukan juga kegiatan olahraga dan kesenian, pengobatan masal, bazzar dan pembagian sembako,"ujarnya.

 

Diakhir sambutannya, ia berharap  kepada semua pihak untuk terus memelihara kebersamaan dan gotong royong seperti pada pelaksanaan TMMD. Selain itu ia meminta untuk dapat memelihara hasil-hasil proyek pembangunan TMMD. Agar selain usia pakai tahan lama, pembangunannya dapat terus dimanfaatkan oleh masyarakat.

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan alat pertanian serta sarana dan prasaran pendidikan dan keagamaan. Seperti mesin pemotong padi, hand traktor, permainan edukatif, buku baca tulis perpustakaan, karpet masjid, Al-Quran dan Juz Ammah serta dampar. Secara bergantian Danrem 084 Bhaskara Jaya, Bupati Sidoarjo, wakil bupati Sidoarjo serta dandim 0816 Sidoarjo menyerahkan bantuan tersebut. (humas/git)