Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-UKS Kabupaten Sidoarjo Masuk Penilaian UKS Tingkat Nasional
Dilihat
935
Penulis: Bidang Informasi Publik
26-05-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Rombongan Tim Penilai UKS/M Tingkat Nasional kemarin sore datang ke Kabupaten Sidoarjo, Selasa (24/5).  Mereka datang untuk menilai Tim Pembina - Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (TP-UKS/M) Kabupaten Sidoarjo serta Tim Pelaksana UKS/M yakni SMKN 3 Buduran. SMK tersebut menjadi nominasi penilaian Lomba Lingkungan Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2016.

 

Kedatangan rombongan Tim Penilai UKS/M Tingkat Nasional kemarin disambut dengan peluncuran perdana senam UKS/M seri 2 olehTP UKS/M Sidoarjo untuk Indonesia di Alun-alun Sidoarjo. 3000 siswa siswi se Kabupaten Sidoarjo senam bersama. Seluruh Tim Penilai UKS/M Nasional diajak untuk ikut senam UKS/M seri 2. Tidak ketinggalan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan dan pejabat Sidoarjo yang hadir juga ikut senam.

 

Sebelumnya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengucapkan selamat datang kepada seluruh Tim Penilai Lomba UKS/M Tingkat Nasional Tahun 2016. Ia berharap kedatangan tim penilai dapat memberikan motivasi dan semangat kepada TP-UKS/M Kabupaten Sidoarjo untuk lebih  meningkatkan peranan UKS/M di semua sekolah dalam membentuk  siswa sehat.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan pembinaan dan pengembangan UKS/M di setiap sekolah telah dilakukan Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut sebagai upaya mewujudkan generasi  muda yang berperilaku hidup sehat, baik fisik maupun moral. Dengan demikian lanjut bupati Sidoarjo akan terbentuk siswa yang sehat, bugar, cerdas, berbudi luhur serta peduli lingkungan.

 

Untuk itu, sambung Bupati Sidoarjo, dalam upaya menggerakkan motivasi siswa akan  pentingnya perilaku yang sehat, telah dilaksanakan cuci tangan pakai sabun bersama  seluruh siswa  se Kabupaten Sidoarjo.  Disamping itu, untuk menggugah kesadaran masyarakat, telah didirikan pula monumen UKS/M di tempat-tempat strategis. Dan pada tahun 2014,  telah terbentuk program kecamatan UKS/M dan Wisata UKS/M di Kabupaten Sidoarjo. 

 

 “Dan alhamdulillah atas upaya dan kerja keras tersebut telah  menghantarkan Kabupaten Sidoarjo menjadi Sektap TP UKS/M Kabupaten Percontohan,”syukurnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo Drs. Mustain M.Pd mengatakan bahwa Kabupaten Sidoarjo telah memberikan catatan sejarah dan tinta emas terhadap program UKS/M di Indonesia. Salah satunya adalah lagu Mars UKS yang diciptakan oleh guru SD Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo juga sebagai daerah yang pertama kali menyusun dokumen grand design pembangunan dan pengembangan UKS/M. Dan prestasi selanjutnya adalah diciptakan Senam UKS/M Seri 2. Senam tersebut diciptakan oleh Guru Olah Raga SDN Medaeng 1 Waru yakni Budi Utomo S.Pd. Untuk itu dalam kesempatan tersebut bupati Sidoarjo memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang telah berdedikasi terhadap program UKS/M di Indonesia. 

 

“Senam UKS/M seri kedua ini sengaja diciptakan guna memberikan nuansa baru terhadap senam UKS/M seri pertama sekaligus sebagai sumbangsih terhadap program UKS/M Indonesia,”ujarnya. (humas/git)