Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Try Out Ujian Teori SIM A dan C Catatkan MURI
Dilihat
422
Penulis:
2013-05-19 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- 9.393 peserta  Try Out Ujian Teori SIM A dan C yang di selenggarakan Polres Sidoarjo, Minggu (19/5), tercatat dalam MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia). Kegiatan yang di tempatkan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tersebut resmi tercatat dalam MURI sebagai rekor yang ke  5.980 untuk rekor try out ujian teori  SIM A dan C dengan peserta terbanyak.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum yang hadir menyampaikan dukungannya atas kegiatan yang di prakarsai oleh Kapolres Sidoarjo tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat baik untuk menurunkan angka kecelakaan saat berkendara. Pasalnya lewat proses pembuatan SIM yang dimulai dengan ujian teori yang kali ini di lakukan, akan dapat menentukan layak tidaknya seseorang mengemudikan kendaraan di jalan.  

Surat Ijin Mengemudi atau yang disingkat SIM itu berfungsi sebagai bukti kompetensi atau kemampuan mengemudi, sampai bupati Sidoarjo di hadapan peserta try out ujian SIM A dan C yang didominasi oleh para pelajar.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan bahwa  sangatlah penting memberikan kesadaran kepada masyarakat akan sikap waspada dan hati-hati dalam aktifitas berkendara. Ia mengingatkan agar janganlah sampai terjadi kecelakaan yang di sebabkan oleh kelalaian diri sendiri.

Sementara itu Kapolres Sidoarjo AKBP. Marjuki S.I.K., M.Si mengatakan bahwa sebenarnya kegiatan tersebut diselenggarakannya adalah untuk mengubah anggapan masyarakat yang selama ini mengira bahwa membuat SIM itu sulit dan tidak transparan. Oleh karena itu lewat proses pembuatan SIM yang kali ini dilakukan secara gratis dan diikuti oleh ribuan pemohon, akan dapat merubah anggapan tersebut.

Selain itu, lanjut Mantan Kapolres Jombang tersebut, banyaknya pendaftar permohonan pembuatan SIM yang di nyatakan lulus secara tidak langsung  akan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas. Pasalnya seseorang yang telah memiliki SIM yang dikeluarkan POLRI, dinyatakan telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani  dan sehat rohani serta memahami peraturan lalu lintas dan trampil dalam mengemudikan kendaraan bermotor.

AKBP. Marjuki juga menjelaskan bahwa nantinya para peserta yang dinyatakan lulus dalam try out kali ini akan mendapatkan rekomendasi untuk langsung mengikuti ujian praktek. Rekomendasi berupa piagam kelulusan try out tersebut lanjutnya akan diberikan kepada 10% peserta yang dinyatakan lulus dalam try out ujian teori pembuatan SIM A dan C tahun ini.

Ini nanti akan dikoreksi mereka, 10% dari yang lulus nanti akan diberikan rekomendasi untuk tidak perlu lagi mengikuti ujian teori tapi langsung tes praktek, sampainya.

Dalam kesempatan tersebut, Manajer MURI Sri Widayati yang datang untuk menilai mengatakan bahwa kegiatan tersebut layak untuk dicantumkan dalam daftar rekor di lembaganya. Selain banyaknya peserta yang mengikutinya, kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali di lakukan di Indonesia.

Kegiatan ini resmi kami catat di Museum Rekor Dunia Indonesia sebagai rekor yang ke 5980 dan kami anugerahkan piagamnya kepada Kapolres Sidoarjo sebagai pemrakarsa dan penyelenggaranya Satlantas Polres Sidoarjo, sampainya mewakili Jaya Suprana. (humas/git)