Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TMMD Dilaksanakan di Kabupaten Sidoarjo
Dilihat
835
Penulis: Bidang Informasi Publik
03-05-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 96 tahun 2016 dilaksanakan di Desa Keret Kecamatan Krembung. Menandai dimulainya, tadi pagi digelar upacara pembukaan TMMD di lapangan SDN Keret Krembung-Sidoarjo, Selasa (3/5). Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum memimpin jalannya upacara yang diikuti oleh TNI, Polri serta masyarakat dan pelajar. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sidoarjo seperti Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Andre Julian, S.IP, Kapolres Sidoarjo AKBP Muh. Anwar Nasir, SIK, MH, serta Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan dan Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo H. Budi Susilo SH,MH hadir dalam kesempatan tersebut. Selain itu juga dihadiri oleh Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman.

 

Membacakan sambutan Panglima Kodam V Brawijaya Mayor Jenderal TNI Sumardi, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan program TMMD dilaksanakan dua kali dalam setahun secara periodik. Pelaksanaanya selama 30 hari. Sasarannya adalah daerah yang terisolir, terpencil, dan terbelakang serta tertinggal.

 

Ia mengatakan TMMD dilaksanakan di beberapa wilayah Kodim di Jawa Timur. Seperti di wilayah Kodim 0804 Magetan, 0814 Jombang, 0815 Mojokerto serta wilayah Kodim 0816 Sidoarjo dan wilayah Kodim 0820 Probolinggo. Pelaksanaannya akan dimulai tanggal 3 Mei sampai 1 Juni 2016 mendatang. Ia mengatakan kesuksesan pelaksanaan TMMD membutuhkan peran dan kerjasama dari berbagai pihak. Pelaksanaan TMMD sendiri harus mengkedepanan keterpaduan, kepedulian serta koordinasi dan gotong royong. Oleh karena itu partisipasi aktif dari masyarakat juga sangat diperlukan demi suksesnya pelaksanaan TMMD tahun ini.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan program TMMD mampu membantu tugas pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedepan program tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan. Hal tersebut dengan harapan dapat mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan.

 

Sementara itu Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Andre Julian, S.IP mengatakan dipilihnya Desa Keret bukan karena sebagai desa terisolir maupun terpencil. Namun di nilai sebagai wilayah yang membutuhkan percepatan pembangunan oleh Kabupaten Sidoarjo. Di Kabupaten Sidoarjo sendiri ujar Dandim 0816 Sidoarjo tidak ada desa yang terisolir maupun terpencil.

 

Ia mengatakan ada 150 personil TNI dari berbagai kesatuan yang akan diterjunkan dalam TMMD kali ini. Selain dari Kodim 0816 Sidoarjo sendiri, Yon Arhanudse-8 Sruni Gedangan, Pasmar-1 Gedangan serta Yon Zipur-5 Kepanjen Malang akan dilibatkan. Ia berharap dengan pelaksanaan TMMD akan terjalin kebersamaan antara TNI dengan masyarakat.

 

“Harapannya adalah tujuan TMMD itu tercapai yakni terjadinya manunggal atau kebersamaan dengan masyarakat, antara TNI di Sidoarjo dengan masyarakat,”ujarnya.

 

Dandim 0816 Sidoarjo juga mengatakan sebelumnya telah dilaksanakan pra TMMD. Pada pelaksanaan pra TMMD, telah dilakukan pekerjaan proyek pembangunan yang telah mencapai 40%. Sisa pembangunannya akan dikerjakan setelah dimulainya pembukaan TMMD.  Pembangunan jalan aspal, pembangunan maupun peningkatan jembatan serta pembangunan plengsengan akan dikerjakan TNI bersama masyarakat. Ia juga mengatakan selama berlangsungnya program TMMD, personil TNI akan bermukim di rumah warga. Ada 22 rumah warga yang akan ditempati oleh pasukan TNI.

 

“Mereka akan tidur dirumah-rumah masyarakat ini, satu rumah lima orang,”ujarnya.

 

Dalam kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan proyek TNI TMMD oleh Bupati Sidoarjo, Dandim 0816 Sidoarjo serta kepala BPMPKB Sidoarjo. Selain itu juga diserahkan alat kerja kepada salah satu personil TNI dan masyarakat oleh Bupati Sidoarjo. Dalam kesempatan itu juga,  Bupati Sidoarjo menyerahkan penghargaan kepada petugas penyuluh KB serta bantuan sembako maupun bibit tanaman kepada masyarakat. (humas/git)