Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Jasa Konstruksi
Dilihat
326
Penulis:
2013-05-13 09:10:01




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Jasa konstruksi mempunyai peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah, karena tuntutan penyediaan infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo semakin besar . Hal tersebut disampaikan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dalam sambutannya saat membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Jasa Konstruksi Kabupaten Sidoarjo di Convention Hall Sun City Sidoarjo,  Senin (13/5).

Ia mengatakan bahwa semakin besarnya tuntutan penyediaan infrastruktur di Kabupaten Sidoarjo tersebut seiring dengan perkembangan wilayahnya yang sangat pesat. Sehingga secara tidak langsung berdampak kepada kondisi usaha jasa konstruksi.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa jasa konstruksi merupakan salah satu instrumen pembangunan yang sangat penting. Terutama dalam rangka mewujudkan pembangunan infrastruktur yang lebih berkualitas, berdaya guna dan berguna bagi kepentingan masyarakat.

Oleh  karena  itu, agar  peran yang strategis tersebut dapat dilaksanakan secara optimal sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah. Maka masyarakat usaha jasa konstruksi, harus mempunyai kemampuan teknis yang memadai, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejalan dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 30 tahun 2000, tentang penyelenggaraan pembinaan jasa konstruksi, maka pemerintah Kabupaten Sidoarjo berkewajiban, melakukan pembinaan terhadap penyedia jasa, pengguna jasa, dan masyarakat, dalam bentuk pengaturan pemberdayaan dan pengawasan, yang salah satu wujudnya melalui sosialisasi seperti saat ini, sampainya.

Sementara itu penyelenggara kegiatan, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Sidoarjo Benny Airlangga Yogaswara SH,MM mengatakan bahwa tujuan diselenggarkannya sosialisasi tersebut adalah sebagai wahana pencerahan dan pemahaman terhadap peraturan-perundang-undangan yang terkait dengan jasa konstruksi. Serta juga bertujuan untuk meningkatkan permahaman dan kesadaran akan hak dan kewajiban bagi penyedia jasa konstruksi maupun pengguna jasa konstruksi.

Untuk meningkatkan tertib usaha jasa konstruksi dan kemitraan yang sinergis antara pemerintah daerah dengan penyedia jasa konstruksi maupun antar pelaku jasa konstruksi itu sendiri ujar Mantan Kabag Umum Setda Kabupaten Sidoarjo tersebut, juga merupakan tujuan diselenggarakan kegiatan sosialisasi itu kepada pelaku dan penyedia jasa konstruksi di Kabupaten Sidoarjo.


Ia juga mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi yang mengambil nara sumber dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional dan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia DPD Jawa Timur tersebut di latarbelakangi oleh beberapa faktor utama terhadap kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan pembangunan. Faktor tersebut ujarnya antara lain perencanaan pembangunan yang tepat, kecukupan anggaran dan kemampuan dari pelaku pembangunan.

Oleh karena itu sampai Benny, ketiga faktor tersebut harus disinergikan dan diselaraskan untuk memperoleh hasil pelaksanaan pembangunan yang optimal. Dan melalui kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan sehari tersebut sampainya akan didapat kesamaan dalam pemahaman dan peningkatan wawasan yang sangat diperlukan.

Dalam kesempatan tersebut Benny Airlangga Yogaswara juga menyampaikan bahwa ada beberapa materi yang akan disampaikan dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Jasa Konstruksi tahun 2013 yang merupakan agenda rutin dari tim pembina jasa konstruksi Kabupaten Sidoarjo. Diantaranya materi UU R.I nomer 18 tahun 1999 tentang Jasa Konstruksi, Peraturan Menteri P.U R.I nomer 14 tahun 2010 tentang SDM Penyelenggaraan Jasa Konstruksi serta Perpres 54 tahun 2010 beserta perubahannya Perpres 70 tahun 2012. (humas/git)