Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Tuan Rumah Kejurda Renang Se-Jatim 2016
Dilihat
1469
Penulis: Bidang Informasi Publik
01-04-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- 31 kabupaten/kota di Jawa Timur ikuti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Renang Se-Jawa Timur di Kabupaten Sidoarjo. 785 atlet dan 107 official akan meramaikan even yang dimulai hari ini, Jumat, 1 April sampai besok Minggu, 3 April 2016. Tadi pagi, Jumat (1/4), Kejurda Renang Se-Jatim 2016 tersebut dibuka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di kolam renang Sendang Delta GOR Sidoarjo. Di kolam renang tersebut nantinya sebagai ajang pembuktian siapakah atlet renang tercepat di Jawa Timur. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH serta Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan dan Ketua Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Riswanda ikut hadir menyaksikan laga perdana tersebut.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah bangga diselenggarakannya even olahraga semacam ini. Kejuaraan seperti ini dapat dijadikan ajang mengukur prestasi masing-masing atlet renang. Ia berharap melalui kejuaraan yang diselenggarakan kali ini akan diperoleh atlet-atlet berbakat. Sehingga nantinya akan dilakukan pembinaan intensif untuk memenuhi kebutuhan atlet ditingkat nasional bahkan internasional.

 

“Kejuaraan renang kali ini sangat penting dan berharga dalam upaya pengembangan olah raga renang di Jawa Timur khususnya di Kabupaten Sidoarjo,”ujarnya.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan Kejurda Renang Se-Jatim kali ini juga sebagai ajang menghadapi PON ke 19 di Jawa Barat besok. Oleh karena itu digelarnya even kali ini sebagai bentuk persiapan para atlet berbakat untuk mendulang prestasi ditingkat nasional.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap dengan dipercayakannya Kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah Kejurda Renang se-Jatim akan membawa pengaruh positif terhadap kemajuan olahraga renang di Sidoarjo. Untuk itu ia ucapkan terimakasih kepada KONI serta Pengprov PRSI Jawa Timur yang telah menyelengarakan kegiatan kali ini di Kabupaten Sidoarjo.

 

Diakhir sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berpesan kepada para atlet untuk menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan tanggung jawab. Selain itu ia berpesan untuk tetap meningkatkan rasa persaudaraan serta kebersamaan. Dengan begitu kemajuan olahraga di Jawa Timur akan tetap terwujud dengan baik.

 

Dalam Kejurda Renang Se-Jatim kali ini dibagi menjadi beberapa kelompok umur. Seperti kelompok umur senior dan kelompok umur I sampai V. Untuk kelompok umur senior, atlet renang harus berusia 19 tahun keatas. Untuk kelompok umur I berusia 16-19 tahun. Untuk kelompok umur II berusia 14-15 tahun. Dan untuk kelompok umur III harus berusia 12-13 tahun. Sedangkan untuk kelompok umur IV diikuti atlet renang berusia 10-11 tahun. Kemudian di kelompok umur V bagi atlet renang berusia 9 tahun kebawah.

 

Sedangkan nomer lomba yang diperlombakan dalam Kejurda Renang kali ini ada 6 nomer perlombaan. Yakni nomer 50 meter, 100 meter, 200 meter, 400 meter serta 800 meter dan 1.500 meter. Sedangkan gaya renang pada kali ini meliputi gaya bebas, dada, punggung serta gaya kupu-kupu dan ganti perseorangan. Pada kejuaraan kali ini jumlah atlet renang Kota Surabaya adalah yang terbanyak dengan 202 atlet. Menyusul Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah atlet renangnya sebanyak 127 atlet.

 

Dalam Kejurda Renang yang telah dimulai pagi tadi sudah menyelesaikan beberapa nomer perlombaan sekaligus pemenangnya. Seperti pada nomer 400 meter gaya bebas kelompok umur III putra, atlet renang asal Kabupaten Sidoarjo menjadi juara pertamanya. Atlet renang tersebut bernama Romeo Lingga Alfarizi. Kemudian disusul atlet renang dari Kabupaten Gresik, Yefta Israel sebagai juara ke dua. Sedangkan juara ketiga ditempati juga oleh atlet renang asal Kabupaten Gresik M. Naufal Majid.

 

Begitu pula pada nomer 100 meter gaya punggung kelompok umur IV putra, atlet renang dari Kabupaten Sidoarjo menjadi juara pertamanya. Dia adalah Zahril M. Muflikhul H. Di posisi kedua diraih oleh atlet renang dari Kota Surabaya yakni Agung Sulaksono Putro. Kemudian ditempat ketiga diraih oleh M. Alif Firmansyah atlet renang asal Kabupaten Gresik. (humas/git)