Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Melalui FKDM Cegah TimbulnyaPermasalahan Di Masyarakat
Dilihat
593
Penulis: Bidang Informasi Publik
01-04-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Seperti diketahui  di Kabupaten Sidoarjo telah terbentuk Forum Kewaspadaan Dini masyarakat (FKDM) mulai dari Tingkat Kabupaten sampai kecamatan, dan forum ini dibentuk karena itu perlu adanya peningkatan pendeteksian dini, kesigapan dan antisipasi terhadap timbulnya permasalahan di masyarakat. Dalam perspektif demokrasi, keterlibatan masyarakat dalam antisipasi dan deteksi dini secara cepat dan tepat terhadap berbagai permasalahan, menjadi sangat penting dalam menjaga situasi yang kondusif.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Achmad Syaifudin, SH. Saat membuka sosialisasi FKDM di aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sidoarjo, Selasa 29/3. “Saya berharap agar efektifitas forum kewaspadaan dini masyarakat, agar wadah bagaimana cara kumikasi yang bagus, karena walaupun FKDM telah terbentuk akan tetapi tidak ada kumunikasi yang baik terhadap permasalahan-permasalahan kecil di daerah, maka efktifitas dari furum ini tidak bisa diwujudkan karena tanpa adanya komunikasi yang baik,”kata Wakil Bupati Sidoarjo.

 

Pada acara yang dihadiri oleh 100 undangan yang merupakan perkawilan dari FKDM kabupaten maupun kecamatan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya dari KODIM 0816, Polres Sidoarjo dan FKDM Kabupaten Sidoarjo. Dengan adanya FKDM pemerintah tidak lagi perlu merasa ragu – ragu karena para tokoh masyarakat yang tergabung dalam FKDM akan selalu mengembangkan peran dan partisipasinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat semakin mudah dilaksanakan, dengan demikian untuk kedepannya akan semakin mudah dalam menghadapi permasalahan dan tantangan jaman.

 

Dengan adanya dua hal tersebut, akan menciptakan keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat. Dan pada saat ini, keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat merupakan suatu kondisi dinamis masyarakat (kondusif) sebagai salah satu persyaratan terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional. (humas/yayuk)