Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Terima Penghargaan WTN
Dilihat
375
Penulis:
2013-05-08 09:10:01




HUMASPROTOKOL, Sidoarjo.- Penghargaan WTN (Wahana Tata Nugraha) 2012 dari Kementerian Perhubungan R.I di raih oleh Kabupaten Sidoarjo untuk kota sedang. Penghargaan berupa piala WTN kategori Lalu Lintas tersebut di terima Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dari Menteri Perhubungan R.I EE Mangindaan di Kantor Kementerian Perhubungan R.I Jakarta, Senin, (6/5).

Penghargaan WTN tersebut diberikan kepada pemerintah propinsi maupun kabupaten/kota atas kemampuannya dan peran serta masyarakat dalam meningkatkan penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan. Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Transportasi Darat Dinas Perhubungan Sidoarjo Edy Sutiono, A. TD,MT mengatakan bahwa penghargaan tersebut di terima sebagai bentuk apresiasi positif dari pemerintah pusat terhadap penataan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo.

Ia mengatakan ada tiga tahapan penilaian yang menjadi acuan dalam menentukan kabupaten/kota penerima penghargaan WTN 2012 yang diberikan tahun ini. Pertama penilaian administrasi yang meliputi aspek perencanaan, pendanaan, kelembagaan dan perundang-undangan, SDM, angkutan, prasarana, lalu lintas dan lingkungan. Penilaian tahap pertama ini dilakukan oleh panitia tingkat provinsi.

Tahapan kedua adalah penilaian teknis dan operasional yang dilakukan oleh tim penilai dari panitia tingkat provinsi, akademisi dan panitia tingkat nasional. Penilaian tahap kedua tersebut meliputi aspek sarana, prasarana, lalu lintas dan pelayanan kepada masyarakat.

Penilaian tahap ketiga adalah penilaian komitmen kepala daerah dan kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan. Penilaiannya langsung dilakukan oleh tim penilai dari panitia tingkat nasional.

Sedangkan indikator di raihnya piala WTN kategori Lalu Lintas oleh Kabupaten Sidoarjo ujar Edy Sutiono ada pada ketertiban berlalu lintas pengguna jalan. Tertib lalu lintas tersebut sampainya mengacu pada penataan dan pelaksanaan lalu lintas di Sidoarjo yang dinilai teratur, aman serta nyaman.

Ia menjelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh pemerintah pusat terhadap pelaksanaan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo diantaranya adalah kedisiplinan masyarakatnya dalam berlalu lintas. Baik itu pengemudi maupun pengguna angkutan dalam berkendara maupun memanfaatkan sarana dan prasarana jalan. Ia mengatakan dasar dari penilaian terhadap kedisiplinan tersebut yakni perbandingan pelanggaran lalu lintas yang terjadi terhadap jumlah penduduk Sidoarjo.  

Selanjutnya ungkap Edy yang juga ikut mendampingi bupati Sidoarjo saat menerima penghargaan tersebut adalah ketertiban dijalan juga salah satu penilaian lainnya. Ia menjelaskan tertib dijalan yang dimaksud adalah pengguna jalan harus patuh pada rambu maupun marka jalan yang disediakan.

Lebih lanjut Edy Sutiono mengatakan bahwa berbagai upaya dilakukan Kabupaten Sidoarjo khususnya Dinas Perhubungan Sidoarjo agar kesadaran berlalu lintas masyarakat Sidoarjo semakin meningkat. Selain himbauan lewat spanduk, berbagai penyuluhan kepada pengguna jalan seperti pengemudi angkutan umum dilakukannya. Bahkan ujarnya sosialisasi berlalu lintas yang baik juga di berikan kepada pelajar.

Ia mengatakan disabetnya piala WTN 2012 untuk kategori lalu lintas bukan semata-mata keberhasilan Kabupaten Sidoarjo saja. Melainkan keberhasilan semua pihak yang memberikan dukungannya terhadap pelaksanaan lalu lintas di Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu dalam penerimaan penghargaan WTN 2012 untuk jenis penghargaan piala WTN kategori lalu lintas diberikan kepada 39 kabupaten/kota penerima. (humas/git)