Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Sidak Pasar Larangan
Dilihat
1050
Penulis: Bidang Informasi Publik
17-03-2016




HUMASPROTOKOLSidoarjo.- Sidak harga kebutuhan bahan pokok dilakukan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pasar Larangan Sidoarjo tadi pagi, Kamis (17/3). Hal tersebut ia lakukan untuk memantau kenaikan beberapa bahan pokok yang terjadi beberapa pekan ini. Turun dari mobil, Bupati Sidoarjo yang didampingi Kepala Dinas Pasar Ir. Dian Wahyuningsih langsung menuju stan para pedagang. Ia ingin mengetahui secara langsung kenaikan beberapa harga bahan pokok yang terjadi belakangan ini.

 

Dari para pedagang, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengakui ada kenaikan harga dibeberapa bahan pokok. Salah satunya adalah cabe. Dari beberapa jenis cabe mengalami kenaikan. Seperti kenaikan cabe kriting didua pekan sebelumnya dijual Rp. 32 ribu/kg sekarang menjadi Rp. 45 ribu/kg. Sama halnya dengan cabe biasa yang semula dijual Rp. 39 ribu/kg sekarang menjadi Rp. 51.500 ribu/kg. Untuk cabe rawit juga sama, dari yang semula dijual Rp. 24 ribu/kg sekarang menjadi Rp. 49.500 ribu/kg.

 

Salah satu komoditi sayur yang juga mengalami kenaikan adalah bawang. Dua pekan lalu, bawang merah dijual Rp. 31.500 ribu/kg sekarang menjadi Rp. 39 ribu/kg. Begitu pula pada bawang putih yang semula dijual Rp. 28.750 ribu/kg sekarang menjadi Rp. 31.500 ribu/kg.

 

Dari beberapa kenaikan harga bahan pokok yang terjadi tidak cukup membuat khawatir bupati Sidoarjo. Pasalnya dari pantauan dilapangan, kenaikan harga tidak mengurangi daya beli masyarakat. Dari mulut pedagang, transaksi jual beli tidak mengalami pengaruh yang signifikan. Malah bupati Sidoarjo khawatir stok berkurang akibat kenaikan harga seperti halnya yang dikhawatirkan para pedagang. H. Saiful Ilah mengatakan faktor cuaca menjadi penyebab naiknya harga komoditi sayuran. Dengan curah hujan yang cukup besar berdampak pada tanaman para petani. Sehingga sayur mayur yang dihasilkan tidak maksimal.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berjanji akan terus memantau perkembangan harga bahan pokok yang terjadi di wilayahnya. Ia memerintahkan instansi terkait untuk terus melaksanakan pemantauan harga bahan pokok. Dengan begitu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan cepat mengambil tindakan bila terjadi kenaikan harga yang tidak sewajarnya.

 

Sementara itu dari data dinas pasar yang ada, hanya beberapa saja kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan. Selebihnya masih stabil bahkan ada yang mengalami penurunan. Seperti pada telur ayam ras yang dua pekan lalu perkilonya Rp. 18.500 sekarang menjadi Rp. 17.750. Sedangkan telur ayam kampung yang sempat naik menjadi Rp. 41.000 ribu/kg, sekarang kembali dijual Rp. 37.500 sekilonya. (humas/git)